Info

Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Ini yang Perlu Kamu Tahu

Nokturia, kondisi yang bikin seseorang lebih sering kencing di malam hari.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Membawa smartphone ke toilet. (shutterstock)
Membawa smartphone ke toilet. (shutterstock)

Himedik.com - Secara umum, seseorang akan kencing sekali setiap enam hingga delapan jam. Namun, beberapa orang bahkan lebih dari jumlah itu, khususnya di malam hari.

Ketika ini sering terjadi, bisa jadi seseorang mengalami nokturia. Berikut adalah penyebab paling umum sering kencing di malam hari, dikutip dari medical daily.

Kandung kemih kecil

Ada dua kemungkinan alasan mengapa seseorang sering buang air kecil. Salah satunya adalah memiliki kandung kemih kecil yang tidak bisa menampung cukup cairan.

Alasan lain adalah bahwa tubuh memproduksi terlalu banyak urin. Namun, jika kebutuhan untuk buang air kecil sering terjadi pada waktu tidur, mungkin ini disebabkan karena minum terlalu banyak cairan pada malam hari.

Infeksi

Penyebab lain adalah memiliki Infeksi Saluran Kemih (ISK). Kondisi ini mendesak seseorang untuk buang air kecil di siang dan malam hari.

Bahkan mungkin menimbulkan rasa sakit untuk buang air kecil dan disertai dengan demam dalam beberapa kasus.

Toilet/unsplash
Toilet/unsplash

Usia dan jenis kelamin

Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit hormon anti-diuretik yang memungkinkan seseorang menahan cairan sampai pagi.

Namun, mereka yang mengalami masalah kesehatan seperti memiliki pembesaran prostat untuk pria atau menopause untuk wanita, kemungkinan besar akan buang air kecil lebih banyak di malam hari.

Wanita juga memiliki panggul yang lebih lemah setelah melahirkan. Hal ini menyebabkan saluran kemih mereka menjadi lebih kecil, membuat mereka lebih sering kencing.

Obat

Obat bisa memengaruhi seseorang untuk sering buang air kecil di malam hari. Ini bisa dicegah dengan minum pil atau tablet lebih awal di hari itu.

Ilustrasi toilet (Pixabay/cocoparisienne)
Ilustrasi toilet (Pixabay/cocoparisienne)

Nokturia

Penyebab paling umum sering kencing di malam hari adalah nokturia. Ini adalah efek samping dari kurang tidur pada orang dewasa.

Beberapa orang yang menderita nokturia memiliki tumor di prostat atau kandung kemih yang memengaruhi kontrol sfingter mereka.

Biasanya, mereka akan buang air kecil sekali setiap malam. Namun mereka yang buang air kecil dua kali atau lebih mungkin menderita kelelahan di siang hari, menurut Sleep Foundation.

Nokturia adalah kondisi umum saat seseorang bertambah tua. Tubuh memproduksi lebih sedikit hormon antidiuretik dan ini membuat seseorang mempertahankan cairan tubuh.

Berkurangnya konsentrasi hormon ini menyebabkan sering buang air kecil di malam hari.

Berita Terkait

Berita Terkini