Info

Alami Gusi Bengkak? Begini Cara Mengatasinya

Kenali dulu hal-hal yang menyebabkan gusi bengkak.

Vika Widiastuti

Ilustrasi berobat ke dokter gigi (Pixabay/jarmoluk)
Ilustrasi berobat ke dokter gigi (Pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Gusi bengkak atau nyeri memang menganggu. Tak hanya sakit, aktivitas makan pun bisa terganggu. 

Kondisi ini jangan dibiarkan karena radang gusi akan semakin parah, gusi akan bengkak dan lama kelamaan akan terjadi penurunan gusi sehingga menyebabkan gigi goyang hingga dapat copot sendiri.

Sebelum mengobati, ketahui dulu apa yang menyebabkan gusi nyeri dilansir Suara.com dari Hello Sehat

1. Infeksi

Jika ada gigi berlubang dan bolongnya mencapai saraf gigi, lama kelamaan gigi akan mati dan terjadi penumpukan bakteri hingga ke bawah akar gigi yang akan menimbulkan bengkak pada gusi. Jika sudah dalam kondisi kronis, bengkak pada gusi ini bisa berbentuk seperti mata bisul dan mengeluarkan nanah.

2. Trauma

Pada kondisi tertentu, tekanan yang berlebih pada gigi bisa menyebabkan gusi bengkak. Hal ini sering disebut abses gingival atau abses periodontal. Trauma dapat disebabkan karena banyaknya gigi yang hilang, menggigit sesuatu terlalu kencang, tertusuk benda tajam seperti tulang ikan, dan kondisi trauma lainnya.

3. Kurang menjaga kebersihan mulut

Kebersihan mulut yang rendah juga dapat menyebabkan gusi meradang (gingivitis). Kondisi ini dapat menyebabkan gusi memerah dan gampang berdarah. Selain karena jarang membersihkan gigi, beberapa penyebab yang dapat meningkatkan risiko gigi sulit dibersihkan antara lain:

4. Faktor lainnya

Kondisi seperti perubahan hormon saat hamil, kurangnya asupan vitamin C, memiliki diabetes, dan konsumsi obat-obatan tertentu dapat meningkatkan risiko gusi jadi bengkak.

Cara mengobati gusi sakit di rumah

Anda juga bisa membantu kondisi gusi cepat pulih dengan melakukan perawatan di rumah. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan:

- Anda harus menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi 2 kali dalam sehari.

Saat menyikat gigi, dianjurkan pakai sikat gigi dengan bulu yang lembut dan menggunakan benang gigi.

- Kumur menggunakan obat kumur antiseptik non alkohol atau dapat diganti dengan air garam hangat.

- Mengonsumsi obat pereda nyeri apabila sakit.

- Banyak minum air putih dan makan buah-buahan.

- Hindari merokok dan konsumsi alkohol.

Saat dalam masa perawatan dan pengobatan oleh dokter gigi, baiknya hindari makanan yang rasanya pedas atau bersuhu panas. Selain itu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol karena dapat merangsang masalah gusi bengkak semakin parah.

Berita Terkait

Berita Terkini