Info

Merokok Pakai Bong di Tempat Umum, Turis Asing Ditangkap

Bong biasanya dipakai untuk mengisap narkoba.

Rauhanda Riyantama | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi alat pengisap narkoba - (Unsplah/@matthew_t_rader)
Ilustrasi alat pengisap narkoba - (Unsplah/@matthew_t_rader)

Himedik.com - Seorang wisatawan asing dengan santai dan cueknya merokok menggunakan bong, atau menurut KBBI "alat untuk mengisap atau mengonsumsi zat psikotropika, khususnya sabu-sabu."

Dalam sebuah video yang kemudian viral, turis asal China di Langkawi, Malaysia itu merokok dari alat yang mirip bong di siang bolong. Video yang muncul di media sosial sejak Minggu (17/3/2019) tersebut menunjukkan, dua pria merokok dari perangkat ini.

Pria merokok pakai bong - (Facebook/Langkawi kini)
Pria merokok pakai bong - (Facebook/Langkawi kini)

Segera setelah video itu muncul, kepala kepolisian Langkawi Supt Mohd Iqbal Ibrahim menyatakan bahwa polisi telah memperhatikan kejadian itu sebelum mengirim petugas untuk menyelidiki masalah tersebut. Turis berusia 60 tahun itu kemudian langsung ditahan.

"Para petugas kepolisian dari Departemen Investigasi Kejahatan Narkotika menahan pria itu dan membawa perlengkapan merokok aluminiumnya kembali ke kantor polisi untuk penyelidikan lebih lanjut," kata Iqbal, dikutip HiMedik.com dari World of Buzz, Jumat (22/3/2019).

Namun, menurut The Star, tes narkoba menunjukkan hasil yang negatif. Kemudian terungkap bahwa pria itu sebenarnya merokok 'tembakau merah'.

Pria itu dilaporkan sedang berlibur selama lima hari di Langkawi bersama istri dan anggota grup wisata lainnya.

Ia mengatakan, petugas bea cukai Malaysia telah menemukan alat itu setelah memindai barang bawaannya, tetapi mengizinkannya membawa alat itu masuk Malaysia karena tidak melanggar hukum.

Polisi kemudian membebaskan pria itu setelah dikonfirmasi bahwa ia tidak mengonsumsi obat apa pun, tetapi menyita alat mirip bong dan tembakau merah miliknya.

Berita Terkait

Berita Terkini