Info

Tak Hanya Wajah, 3 Area Ini Juga Kerap 'Disinggahi' Jerawat

Banyak faktor yang membuat jerawat tumbuh subur di tubuh kita, antara lain hormon, makanan, udara, pakaian, dan kebersihan.

Vika Widiastuti

Ilustrasi jerawat - (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi jerawat - (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Himedik.com - Munculnya jerawat di wajah memang menjengkelkan. Tak hanya merasa tak nyaman, jerawat kerap kali menganggu penampilan.

Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di beberapa area lainnya, lo. Banyak faktor yang membuat jerawat tumbuh subur di tubuh kita, antara lain hormon, makanan, udara, pakaian, dan kebersihan.

Biar nggak kecolongan, yuk amati, area mana saja yang sering kedatangan tamu tak diundang ini yang telah dirangkum DewiKu.com.

Kulit kepala

Kulit kepala gatal karena ketombe. Unsplash/Karina Carvalho)
Ilustrasi jerawat di kulit kepala. Unsplash/Karina Carvalho)

Jerawat di kulit kepala memang nyebelin, apalagi kalau kesenggol waktu sisiran. Duh, kepala rasanya langsung pusing.

Ternyata ada banyak faktor yang bikin jerawat nongol di kulit kepala, di antaranya sering menggunakan topi atau helm yang kotor atau hijab yang kurang menyerap keringat.

Keramas dengan sampo yang mengandung mint sangat disarankan buat kamu memiliki jerawat di kulit kepala. Mengganti hijab setiap hari juga sangat mempengaruhi kebersihan kulit kepala, lho.

Punggung

Ilustrasi jerawat punggung. (Pixabay)
Ilustrasi jerawat punggung. (Pixabay)

Mungkin jerawat punggung adalah keluhan tentang jerawat yang paling sering kita dengar selain jerawat di wajah. Banyak faktor yang bikin jerawat nongol di punggung, salah satunya kondisioner.

Yup, kondisioner yang biasa kamu pakai ketika keramas pasti akan melewati bagian punggung ketika dibilas. Nah, Jika kamu nggak membersihkan pungung setelahnya, kandungan kondisoner itu bisa menutup pori dan menimbulkan jerawat.

Selain kondisioner, keringat dan pakaian juga sangat mempengaruhi tumbuhnya jerawat. Sebaiknya rutin bersihkan area punggung dan gunakan baju dengan bahan yang menyerap keringat, ya.

Bokong

Ilustrasi bokong seksi. (Unsplash/Frank Uyt den Bogaard)
Ilustrasi jerawat di bokong. (Unsplash/Frank Uyt den Bogaard)

Ada yang punya masalah jerawat di bokong? Ini pasti ganggu banget, ya kan? Posisi duduk kita juga jadi nggak nyaman kalau bokong ada jerawatnya.

Ternyata celana yang kelewat ketat sangat berpengaruh dengan jerawat di bokong. Sebaiknya sering-sering gunakan rok dan celana yang nggak terlalu ketat agar bokongmu aman dari jerawat.

Selain itu, scrubing area bokong juga bisa menghindari kamu dari serangan jerawat. Intinya, tubuh kita harus terjaga kebersihannya dengan baik. Jadi dengan begitu, jerawat pasti ogah nongol lagi. (DewiKu.com/Rima Suliastini)

Berita Terkait

Berita Terkini