Info

Pancake yang Dimakan Penuh Tungau Debu, Wanita Ini Alami Syok Anafilaksis

Ia langsung sesak napas setelah makan pancake. masakannya sendiri

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Pancake - (Unsplash/@heathergill)
Pancake - (Unsplash/@heathergill)

Himedik.com - Seorang wanita mengalami syok anafilaksis setelah makan pancake. Melalui pemeriksaan, ternyata baru diketahui bahwa pancake itu terbuat dari tepung yang dipenuhi tungau debu.

Saat memasak pancake untuk keluarganya, wanita itu mengalami pilek dan bersin karena penyebaran aerosol alergen tungau.

Setelah baru memakan beberapa gigitan pancake okonomiyaki Jepang, wanita 43 tahun itu mulai mengap-mengap, dipenuhi ruam, dan kesulitan bernapas. Reaksi alerginya juga mulai mengalami peningkatan hingga ia merasakan sakit perut dan diare.

Sementara itu, saudara-saudaranya, yang juga memakan pancake tersebut, tetap baik-baik saja. Ia pun dilarikan ke rumah sakit.

Ilustrasi tungau - (Shutterstock)
Ilustrasi tungau - (Shutterstock)

Wanita yang tak disebutkan namanya itu, dikutip HiMedik.com dari Daily Mail, Jumat (22/3/2019), memberi tahu dokter bahwa dia baru saja membuat pancake dari tepung yang disimpan dalam kantong terbuka selama setahun di tempat penyimpanan di bawah lantai.

Setelah dia memberikan sampel tepung, para ilmuwan menemukan hingga 4.500 tungau debu Dermatophagoides farinae per gram. Mereka juga menemukan 11 dari spesies tungau mikroskopis Chelacaropsis moorei per gram tepung.

Tes alergi kemudian mengungkapkan bahwa wanita itu memiliki alergi tungau debu, tetapi tidak alergi terhadap bahan-bahan pancake lainnya, seperti telur, ubi, babi, udang, dan cumi-cumi.

Pasien tersebut melalui masa pemulihan dengan cepat setelah diberi steroid oral dan IV serta antihistamin. Insiden ini kemudian ditulis dalam BMJ Case Reports oleh Dr Katsunori Masaki, yang merawat pasien.

Berita Terkait

Berita Terkini