Info

Ketahui Manfaat Zumba untuk Pasien Kanker

Zumba dianggap sangat penting untuk penderita kanker.

Vika Widiastuti

Ilustrasi (Unplash/Danielle Cerullo)
Ilustrasi (Unplash/Danielle Cerullo)

Himedik.com - Faktor emosi dan perasaan adalah hal yang penting untuk mengatasi kanker bagi pasien. Bahkan, menurut American Cancer Society, perawatan yang berhubungan dengan emosi dan hubungan kita, atau juga dikenal sebagai intervensi psikososial bermanfaat. Yaitu, dapat membantu pasien kanker dalam menangani perasaan stres, meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan dalam menjalani seluruh rangkaian pengobatan kanker.

Dr. Dian Kartika, MH Kes, yang juga merupakan anggota instruktur zumba dari komunitas ZIN (Zumba® Instructor Network) mengatakan, kegiatan kelompok seperti kelas zumba dapat menjadi pilihan bagus bagi pasien kanker untuk tetap bugar dan sehat, Zumba disebut Dian bisa menjalin hubungan positif dengan anggota kelas zumba lainnya.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

"Sangat penting bagi penderita kanker untuk memiliki pandangan positif tentang kondisi mereka. Selain itu, mempertahankan gaya hidup aktif, sosial, dan sehat dapat sangat membantu dalam mengatasi stres serta kelelahan selama mengidap kanker tersebut," ungkap dokter Dian Kartika melalui siaran pers yang diterima Suara.com dari Zumba®.

Di samping itu, sambungnya, kelas zumba yang sangat berbasis komunitas juga dapat berperan seperti kelompok pendukung untuk membantu mengurangi tekanan dan mengatasi emosi yang datang pada penderita kanker.

“Seperti pada populasi klinis lainnya, perilaku gaya hidup sehat seperti mengontrol berat badan, diet sehat, dan olahraga teratur memiliki potensi untuk secara signifikan mengurangi morbiditas dan mortalitas pada penderita kanker," jelasnya.

Meski demikian, dokter Dian Kartika mengingatkan, berolahraga untuk penderita kanker tetap membutuhkan pengawasan dokter.   (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Berita Terkait

Berita Terkini