Info

Kelainan Langka, Otak Wanita Ini Merosot ke Tulang Belakang

Penyakit Jade Davis disebut Malformasi Chiari Tipe 1.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Jade Davis - (Facebook/Jade Marie Davis)
Jade Davis - (Facebook/Jade Marie Davis)

Himedik.com - Jade Davis, seorang wanita 23 tahun, didiagnosis dengan kondisi langka, di mana otak merosot ke tulang belakang. Dia pun diberi tahu bisa meninggal kapan pun meski telah menjalani dua operasi untuk mencoba menyokong otaknya.

Malformasi Chiari Tipe 1, yang diderita Jade, menyebabkan bagian bawah otaknya menekan lubang di dasar tengkorak yang dilewati oleh sumsum tulang belakang. Jade sudah mendapat diagnosis itu sejak Maret 2017.

Awalnya ia dilarikan ke rumah sakit dengan diagnosis meningitis. Lalu dokter melakukan pemindaian MRI dan menemukan pembengkakan yang terbentuk di sekitar otaknya karena Malformasi Chiari Tipe 1.

Jade Davis - (GoFundMe/Jade Davis)
Jade Davis - (GoFundMe/Jade Davis)

Dikutip HiMedik.com dari Metro.co.uk, Selasa (26/3/2019), kondisi ini membuat Jade menderita kejang dan tremor setiap hari di kedua lengannya serta kehilangan penglihatan hingga 100 kali sehari.

"Saya menjalani operasi untuk mengangkat sebagian tengkorak saya dan memperlebar lubang yang dilewati sumsum tulang belakang, tetapi itu membuat gejala saya makin memburuk dan sekarang saya mengalami kejang," ujar wanita asal Inggris itu. "Tidak ada kejelasan berapa lama saya akan hidup dengan kondisi ini. Itu yang paling menakutkan."

Sejak itu Jade harus melepaskan pekerjaannya sebagai guru menunggang kuda untuk anak-anak berkebutuhan khusus dan tidak bisa dibiarkan sendirian.

Setelah kondisinya makin memburuk, Jade membuat daftar harapannya, termasuk mengunjungi Thailand, melompat dari pesawat terbang, menonton pertunjukan berkuda Olympic, dan bertemu dengan Chris Hughes dari Love Island.

Berita Terkait

Berita Terkini