Info

Terkenal Jago Akting, Reza Rahadian Rasakan Depresi Saat Jadi BJ Habibie

Reza Rahadian mengaku lebih sulit jadi diri sendiri daripada orang lain.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Reza Rahadian - (Suara.com/Muhaimin A Untung)
Reza Rahadian - (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Himedik.com - Aktor papan atas Reza Rahadian ternyata pernah merasa depresi dalam menjalankan profesinya. Kejadian itu ia alami ketika melakoni peran sebagai Presiden ke-3 RI BJ Habibie dalam film Habibie & Ainun.

Saat diwawancarai Deddy Corbuzier di program Hitam Putih yang ditayangkan Trans 7 pada Rabu (27/3/2019), Reza Rahadian berbagi soal kesulitan yang ia alami dalam dunia peran.

Menurut pria yang terkenal jago berakting itu, menjadi diri sendiri justru lebih sulit daripada berperan sebagi karakter lain.

"Kayaknya lebih susah jadi diri sendiri, ya. That's what I believe," ujar Reza.

Berdasarkan penjelasannya, kesulitan dalam berakting memiliki kaitan dengan kondisi mental.

"Karena ketika kita bermain, aktor selalu punya kecenderungan untuk lari dari dirinya sendiri. Dia harus selalu punya tendensi untuk menjadi orang lain, menjadi yang dia perankan," terang pria 32 tahun itu.

"Satu hal yang paling sulit adalah, ketika karakter itu deket banget sama dirinya dia sebenernya, tapi dia enggak mau mengakui itu, jadi dia resisten untuk menunjukkan aslinya dia seperti apa, insecure bisa jadi atau enggak pengin orang tahu karakter aslinya seperti apa," tambahnya.

Reza sendiri mengakui dirinya pernah merasakan depresi dalam berakting. Berbagai tekanan selama proses syuting tentu menganggu pikiran sang bintang film saat itu.

"Setahu gua, kalau di luar negeri itu sampai bahkan ada psikolog yang mendampingi aktor tersebut supaya enggak kebawa, supaya bisa balik lagi" tandas Deddy, yang ditimpali Fanny Ghassani dengan pertanyaan untuk Reza.

"Reza pernah enggak ngalamin hal kayak gitu? Enggak bisa keluar dari karakter itu," tanya Fanny.

Reza kemudian menceritakan kondisi mentalnya saat membawakan karakter BJ Habibie dalam film Habibie & Ainun.

"Pernah, lumayan depressed dua bulan after Habibie & Ainun, dulu ya, 2012. Beban aja setelah syuting. It's too heavy aja, gitu. Dengan Pak Habibie ada di lokasi terus, gitu-gitu kan pressure," ungkap aktor yang telah membintangi puluhan film sejak 2007 itu.

Berita Terkait

Berita Terkini