Info

Badan Terasa Sakit Setelah Olahraga? Cek Ternyata Ini Sebabnya

Apakah rasanya seperti digebukin?

Vika Widiastuti

Ilustrasi olahraga (Pixabay/ ID 5132824)
Ilustrasi olahraga (Pixabay/ ID 5132824)

Himedik.com - Apakah Anda pernah measakan sakit setelah melakukan olahraga? Hal ini biasanya terjadi saat kita sudah lama tak olahraga.

Nah menurut Head of Personal Trainer Celebrity Fitness, Triesca Ariesandy, hal ini biasanya terjadi pada orang yang jarang olahraga sehingga ototnya lemah. Ketika olahraga kembali, maka otot mengalami penguatan melebihi kapasitasnya. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi sakit keesokan harinya.

"Karena saat olahraga, sel-sel otot mengalami penghancuran. Tetapi keesokannya sudah terjadi pembentukan sel otot baru. Jadi rasanya kayak digebukin," ujar Triesca di sela-sela peluncuran CelFitTV di Gandaria City, Sabtu (30/3/2019) diberitakan Suara.com.

Triesca menambahkan, butuh waktu hingga 48 jam bagi otot untuk meregenerasi sel-sel baru. Itu sebabnya, ia mengimbau agar seseorang tidak melakukan olahraga yang sama dalam kurun waktu kurang dari 48 jam.

Ilustrasi berkeringat saat olahraga. (pixabay/ElisaRiva)
Ilustrasi berkeringat saat olahraga. (pixabay/ElisaRiva)

"Ada yang gagal membentuk otot karena belum 48 jam sudah latihan yang sama. Boleh olahraga, tapi yang bebannya tidak mengenai anggota tubuh yang sama. Jadi olahraga selingan saja," imbuhnya.

Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat yang tinggi protein untuk membantu mempercepat proses pembentukan otot. Makanan itu bisa berupa telur atau sumber protein lainnya.

"Makanan kaya nutrisi jadi katalis pembentukan sel baru. Karena olahraga kita menghancurkan sel otot, jadi setelah selesai olahraga harus makan yang kaya nutrisi seperti protein untuk bahan pembentukan sel baru," tandas dia.

Nah, sudah tahu kan cara supaya tidak mengalami badan sakit setelah olahraga(Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini