Info

Belajar Yoga untuk Atasi Nyeri Skoliosis, Sutopo Praktikkan Child Pose

Dari wajahnya, Sutopo terlihat sangat kesakitan.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Sutopo Purwo Nugroho - (Suara.com/Risna Halidi)
Sutopo Purwo Nugroho - (Suara.com/Risna Halidi)

Himedik.com - Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, atau yang tenar dengan sebutan Sutopo BNPB, membagikan videonya saat berlatih yoga. Olahraga itu ia lakukan untuk mengatasi nyeri akibat skoliosis.

Sutopo mengaku kesakitan akibat skoliosis atau tulang belakang bengkok. Pria 49 tahun ini pun melakukan segala upaya untuk mengurangi rasa nyeri itu.

Meski tak mudah, ia tetap berjuang untuk menghadapinya. Yoga pun menjadi pilihan bagi pria yang dikenal sebagai penggemar berat Raisa ini.

Pada Jumat (29/3/2019) kemarin, Sutopo membagikan videonya saat melakukan yoga ke Twitter.

"Tulang bengkok atau skoliosis itu ternyata menyakitkan. Usaha untuk mengurangi rasa sakit nyeri tulang ternyata juga tidak mudah. Belajar yoga saya lakukan agar tubuh lebih nyaman. Namanya ikhtiar orang sakit, apapun dilakukan agar sehat kembali.

Apakah anda sehat hari ini?" tulis Sutopo.

Ia terlihat mempraktikkan child pose atau Balasana, dengan dibantu oleh sang instruktur, dalam video itu. Saat kembali ke posisi duduk Vajrasana, raut wajah Sutopo memperlihatkan betapa ia menahan sakit yang begitu kuat.

Dikutip HiMedik.com dari Yoga Journal, child pose memang memiliki berbagai manfaat, antara lain meregangkan pinggul, paha, dan pergelangan kaki; menenangkan otak dan membantu meredakan stres dan kelelahan; serta meredakan sakit yang dirasakan Sutopo, yakni di bagian punggung dan leher.

Diberitakan Suara.com sebelumnya, Selasa (13/2/2018), Sutopo divonis kanker paru-paru pada pertengahan Januari 2018, yang kini telah mencapai stadium 4B. 

Kemudian pada awal Maret kemarin, Sutopo mengungkapkan bahwa dirinya mengalami skoliosis. Akibatnya, postur tubuh Sutopo saat berjalan dan berdiri menjadi agak miring.

Menurut keterangan Sutopo, dorongan massa kanker adalah penyebab tulang belakangnya bengkok. Ia pun merasa kesakitan dan nyeri pada bagian tersebut. Meski begitu, Sutopo terus aktif memberikan kabar terkait bencana yang terjadi di Tanah Air.

Berita Terkait

Berita Terkini