Info

Benarkah Pakai Bra Seharian Penuh Tak Baik untuk Kesehatan? Ini Kata Pakar

Ada dua kondisi yang disarankan tetap memakai bra selama 24 jam.

Vika Widiastuti

Ilustrasi bra (unsplash/Kristaps Grundsteins)
Ilustrasi bra (unsplash/Kristaps Grundsteins)

Himedik.com - Beberapa wanita mungkin menganggap, memakai bra seharian terasa menyiksa dan tak nyaman. Di samping semua itu, benarkah  memakai bra seharian penuh benar buruk untuk kesehatan?

Dilansir DewiKu.com dari Metro, seorang ahli bra profesional Tracey Jane mengatakan, ada dua kondisi yang disarankan tetap memakai bra selama 24 jam.

''Ada beberapa wanita yang disarankan untuk memakai bra di malam hari: wanita menyusui & mereka yang pernah menjalani operasi payudara, sementara penyembuhan terjadi,'' ungkapnya.

Di luar dua kondisi itu, Tracey mengatakan melepas bra di malam hari saat tidur jauh lebih baik untuk kesehatan tubuh. Sebab sistem limfatik dapat bekerja dengan baik tanpa ada yang menghalangi.

Ilustrasi implan payudara. (Shutterstock)
Ilustrasi payudara. (Shutterstock)

''Saya telah bekerja dengan perawat perawatan payudara selama bertahun-tahun yang telah mengkonfirmasi hal ini dan alasannya juga,'' ujar Tracey.

''Jika kamu mengenakan bra di malam hari, maka itu haruslah cangkir yang lembut dan tidak berkawat. Kemudian ada lebih banyak kesempatan bagi getah bening untuk mengering tanpa sesuatu yang terlalu sulit ditekan,'' lanjutnya.

Penelitian tentang apakah memakai bra setiap saat dapat mencegah payudara kendur sangat beragam. Namun menurut Tracey, hal itu tidak ada korelasinya.

Pakaian dalam wanita. (Pixabay/fsHH)
Pakaian dalam wanita. (Pixabay/fsHH)

''Mereka (payudara) akan tetap kendur dengan usia, hormon dan kehamilan. Kita tidak bisa mencegahnya. Itu alami,'' tambahnya.

Jadi, jika kamu merasa tidak nyaman tidur tanpa bra, pilihlah yang dirancang untuk tidur. Pas dan bebas dari semua kawat. Bra yang tepat akan membantu menjaga kesehatan payudara dan tulang belakang. (DewiKu.com/Yasinta Rahmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini