Info

Kurangi Plastik, Pria Ini Buat Sedotan dari Rumput Liar

Yuk, mulai pakai sedotan non plastik

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Minum es dengan sedotan. (pixabay/bridgesward)
Minum es dengan sedotan. (pixabay/bridgesward)

Himedik.com - Baru-baru ini, seorang inovator muda Vietnam telah mengembangkan jenis jerami yang ramah lingkungan. Tran Minh Tien membuat sedotan biodegradasi dari jenis rumput tertentu yang ia dapatkan dari ladang Delta Mekong.

Lepironia articulata atau alang-alang tumbuh liar di lahan basah Vietnam. Mereka biasanya panjang dan memiliki batang berlubang, dikutip dari worldofbuzz.

Sebelum menjadi sedotan, pertama-tama rumput ini dicuci bersih dan kemudian dipotong menjadi tabung 20cm.

Setelah itu, bagian dalam tabung rumput dibersihkan menggunakan batang logam. Kemudian sedotan rumput dicuci lagi, lalu dikemas menjadi bundel menggunakan daun pisang.

Sedotan rumput ini diproses oleh Ong Hut Co yang merupakan perusahaan Tran dan tersedia dalam dua versi, segar dan kering.

Perbedaan antara kedua jenis sedotan ini adalah durasinya. Sedotan rumput yang baru dipotong dan tidak digunakan bisa bertahan hingga dua minggu jika disimpan di lemari es.

Jika disimpan dalam suhu kamar, mereka bisa bertahan selama seminggu. Di sisi lain, sedotan kering dapat disimpan di lemari es dan akan bertahan hingga enam bulan.

Meskipun kedua jenis sedotan ini dimaksudkan hanya untuk sekali makan di restoran, Tran mendorong orang untuk membelinya agar mengurangi penggunaan plastik.

Berita Terkait

Berita Terkini