Kamis, 17 Oktober 2019

Teknik Operasi Plastik Hidung Terbaru, Disebut Hanya Butuh Waktu 5 Menit

Para peneliti hanya mencoba EMR pada hewan, di mana melalui metode ini, telinga kelinci yang tadinya tegak menjadi jatuh.

Vika Widiastuti
Ilustrasi operasi. (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi operasi. (Pixabay/skeeze)

Himedik.com - Tak sedikit orang memilik melakukan operasi plastik, termasuk salah satunya di bagian hidung

Terbaru ini para ahli sedang mengembangkan teknik operasi plastik terbaru untuk memperbaiki bentuk hidung yang menggunakan jarum kecil dan arus listrik.

Para peneliti mengatakan metode ini disebut electromechanical reshaping (EMR). Fungsinya, mengubah ujung hidung dengan melibatkan arus listrik yang dialiri melalui tulang rawan hidung, sehingga membuatnya lunak atau lentur.

Saat tulang rawan melentur, ahli bedah dapat membentuk hidung sesuai dengan keinginan pasien. Kemudian, arus akan dimatikan dan dibiarkan selama beberapa menit.

Dilansir Suara.com dari laman Metro.co.uk, prosedur ini diklaim sebagai metode tercepat karena hanya memakan waktu selama lima menit dan hasilnya pun permanen. Disebutkan bahwa EMR dapat menjadi alternatif untuk operasi hidung atau penggunaan filler.

Ilustrasi operasi - (Pixabay/sasint)
Ilustrasi operasi - (Pixabay/sasint)

 

Selain lebih cepat, metode ini juga menghindari jahitan dan jaringan parut, dan dapat dilakukan dengan anestesi lokal. Namun, jangan buru-buru ingin mencobanya, ya. Pasalnya, metode operasi terbaru ini belum dilakukan uji coba pada manusia.

Sejauh ini, para peneliti hanya mencoba EMR pada hewan, di mana melalui metode ini, telinga kelinci yang tadinya tegak menjadi jatuh.

Dr. Hill dan Profesor Brian Wong, dari University of California, mengatakan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian sebelum mereka dapat melanjutkan EMR. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini