Info

Tinggi Protein, Penelitian Ungkap Ikan Teri Bisa Turunkan Berat Badan

Ikan teri bisa digunakan sebagai komponen utama makanan untuk menurunkan berat badan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ikan teri termasuk makanan kaya nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh (Pixabay/Jinhahahaha)
Ikan teri termasuk makanan kaya nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh (Pixabay/Jinhahahaha)

Himedik.com - Ikan teri salah satu makanan yang mudah sekali ditemukan di pasar. Meski berukuran kecil, ikan teri termasuk makanan yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat ikan teri, yaitu menurunkan berat badan.

Sejauh ini ikan teri memang dipercaya membantu meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kesehatan tubuh. Karena, ikan teri sangat kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut Database Nutrien Nasional USDA, ikan teri kaya asam lemak omega 3, protein, vitamin dan mineral yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, ikan teri juga mengandung zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng.

Ikan teri adalah sumber vitamin yang terbaik, seperti tiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin C, B12, A, E dan K. Serta mengandung lemak dan kolesterol yang baik.

Karena ikan teri termasuk jenis ikan air asin yang mengandung jumlah protein tinggi dan rendah kalori, kandungan itulah yang membuat ikan teri mampu membantu menurunkan berat badan.

Ikan teri salah satu ikan air asin yang bermanfaat memabntu penurunan berat badan dengan sejumlah kandungan nutrisinya (Pixabay/asjjuni0)
Ikan teri salah satu ikan air asin yang bermanfaat memabntu penurunan berat badan dengan sejumlah kandungan nutrisinya (Pixabay/asjjuni0)

Berdasarkan laporan American Journal of Clinical Nutrition dilansir dari organicfacts.net, menemukan bahwa ikan teri cocok menjadi komponen utama dalam program diet karena kandungan proteinnya yang tinggi bisa membuat seseorang merasa cepat kenyang dan membatasi pola makan berlebih.

Meski begitu, ikan teri tetap memberikan cukup nutrisi tanpa memberikan kalori ekstra. Nutrisi itu pula yang membantu menjaga kesehatan tubuh sehingga seseorang akan mendapat banyak manfaat sekaligus kita mengonsumsi ikan teri.

Perlu diketahui juga ikan teri termasuk ikan yang mengandung merkuri lebih sedikit dibandingkan ikan lainnya, seperti ikan tuna yang dianggap bagus untuk dikonsumsi.

Cara mengonsumsi ikan teri pun cukup bervariasi dan bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan masing-masing orang. Adapun beberapa cara mengonsumsi ikan teri seperti berikut ini:

1. Ikan teri bisa dimakan mentah sebagai afrodisiak, tetapi cara ini dapat menyebabkan infeksi parasit.

2. Mengolah dan mengonsumsi ikan teri setelah dibekukan cukup lama

3. Konsumsi ikan teri sebagai campuran sambal

4. Menggunakan ikan teri sebagai campuran kari, sup, mie atau makanan lainnya.

5. Olah ikan teri dengan cara dipanggang, digoreng atau difermentasi

Berita Terkait

Berita Terkini