Sabtu, 24 Agustus 2019

Benarkah Makanan Manis Bisa Meningkatkan Mood? Ini Kata Peneliti

Selain itu, orang yang mengonsumsi makanan manis juga merasa kurang waspada dan mudah depresi.

Vika Widiastuti
Ilustrasi makanan manis (Pixabay/DrawsAndCooks)
Ilustrasi makanan manis (Pixabay/DrawsAndCooks)

Himedik.com - Tak sedikit orang yang pilih mengonsumsi, cokelat, es krim atau makanan manis lain saat sedang dalam suasana hati yang tidak baik. Hal itu karena makanan manis dipercaya bisa meningkatkan mood.

Namun, baru-baru ini penelitian menunjukkan bahwa makanan manis justru dapat membuat Anda cepat lelah dan tak bergairah.

Penelitian yang diterbitkan dalam Neuroscience & Behavioral Review ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan manis melaporkan merasa lebih lelah dalam satu jam setelahnya dibandingkan dengan mereka yang tidak makan zat manis.

Selain itu, orang yang mengonsumsi makanan manis juga merasa kurang waspada dan mudah depresi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan sehat. Bahkan peneliti menemukan bahwa gula tidak berpengaruh pada suasana hati.

Es krim. (Pixabay/StockSnap)
Es krim. (Pixabay/StockSnap)

 

Untuk mengarah pada temuan ini peneliti menganalisis data dari 1.300 orang dewasa yang berpartisipasi dalam 31 studi yang berbeda. Peneliti berharap temuan mereka dapat meredam mitos ini dan mendorong orang untuk menemukan sumber energi lain selain makanan manis.

"Temuan kami sangat jelas menunjukkan bahwa klaim seperti itu tidak terbukti. Justru jika mengonsumsi makanan mengandung gula mungkin akan membuat Anda merasa lebih buruk," kata rekan penulis studi Konstantinos Mantantzis, PhD dilansir Suara.com dari Menshealth.

Cokelat hitam. (pixabay/ulleo)
Cokelat hitam. (pixabay/ulleo)

 

Lalu jenis makanan apa yang membuat Anda tetap bersemangat? Ahli nutrisi Valerie Goldstein, M.S., R.D. mengatakan bahwa kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat seimbang yang membuat Anda tetap sehat sepanjang hari.

Pilihan utamanya Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan yogurt, telur rebus, atau bahkan kerang, karena kaya akan B12.

"B12 diperlukan untuk metabolisme energi dan tubuh tidak dapat membuatnya sendiri. Vitamin itu penting untuk mengubah makanan yang kita makan menjadi energi," ujar Goldstein.

Bagaimana, masih ingin membuat mood terjaga dengan mengonsumsi makanan manis? (Suara.com/Firsta Nodia)

Terkait

Terkini