Info

Dijual Sampai Rp1 Jutaan, Tanaman Lidah Mertua Punya 5 Manfaat Ajaib!

Sansevieria atau tanaman lidah mertua termasuk tanaman populer di Indonesia yang dibanderol seharga Rp 1 jutaan di luar negeri karena kaya manfaat bagi lingkungan sekitar.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

5 Manfaat tanaman lidah mertua yang sering dijadikan hiasan rumah (Pixabay/Tanuj_handa)
5 Manfaat tanaman lidah mertua yang sering dijadikan hiasan rumah (Pixabay/Tanuj_handa)

Himedik.com - Sansevieria atau dikenal lidah mertua salah satu tanaman yang populer di Indonesia dan sering ditemukan di rumah-rumah penduduk. Tanaman lidah mertua ini bukan sekadar tanaman hias biasa, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya.

Tanaman lidah mertua ini memiliki ciri fisik berupa daun yang memanjang berwarna hijau dengan bintik-bintik putih di atasnya. Biasanya orang membeli tanaman lidah mertua ini sebagai hiasan rumah atau sekadar koleksi tanaman.

Padahal tanaman lidah mertua ini bermanfaat untuk menghilangkan polusi udara sampai alergi meski hanya menjadi pajangan di sudut rumah. Berikut ini 6 manfaat tanaman lidah mertua sebagai hiasan rumah dilansir dari balconygardenweb.com:

1. Menghasilkan oksigen

Sebuah penelitian yang diterbitkan Harvard University Extension menyatakan bahwa tanaman lidah mertua ini termasuk tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen, selain ficus dan pothos.

2. Menghilangkan polusi udara

Salah satu manfaat besar dari tanaman lidah mertua ini mampu menghilangkan polusi udara yang membahayakan kesehatan dan menyebabkan kanker.

Manfaat ajaib tanaman lidah mertua, salah satunya membersihkan udara sekitar (Pixabay/KatiaMaglogianni)
Manfaat ajaib tanaman lidah mertua, salah satunya membersihkan udara sekitar (Pixabay/KatiaMaglogianni)

Pada eksperimen NASA tahun 1989 juga membuktikan tanaman dengan permukaan daun yang lebar seperti lidah mertua adalah tanaman yang baik dalam mengontrol udara dan polutan di sekelilingnya. Tanaman lidah mertua ini mampu menyerap CO2, banzena, formaldehyde, xylene dan toluene.

3. Menyerap CO2 di malam hari

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tanaman lidah mertua terus menerus menghasilkan oksigen di malam hari, tetapi tanaman ini sudah terbukti mampu menyerap CO2 di malam hari.

Proses penyerapan CO2 ini disebabkan oleh Metabolisme Asam Crassulacean (CAM) yang mampu melakukan fotosintesis tertentu. Pada malam hari, tanaman lidah mertua ini membuka stomata mereka untuk meminimalkan kekeringan atau kehilangan air dalam kondisi panas.

4. Mengurangi alergi udara

Tanaman lidah mertua yang menghasilkan banyak oksigen, menyerap CO2 dan senyawa organik dapat membantu mengurangi kemungkinan alergi di udara. Jadi, tanaman lidah mertua ini seperti filter udara yang membersihkan udara di sekitarnya.

5. Energi pelindung

Dalam feng shui, tanaman berduri seperti lidah mertua yang memiliki ujung tajam dipercaya baik melawan energi negatif. Apalagi jika tanaman lidah mertua ini diletakkan di sudut ruangan yang tepat.

Adapun tempat terbaik meletakkan tanaman lidah mertua ini, di sudut tenggara, selatan atau timur. Karena peletakkan tanaman di tempat yang tepat itulah akan membawa energi pelindung di rumah.

Banyaknya manfaat yang diperoleh itulah membuat tanaman lidah mertua ini dibanderol dengan harga yang sangat fantastis satu pot-nya.

Melansir dari amazon.com, sejumlah toko online shop di luar negeri menjual satu pot tanaman lidah mertua ini mencapai harga Rp1,5 jutaan.

Berita Terkait

Berita Terkini