Info

Cegah Penyakit Kronis hingga Penuaan, Ini Manfaat Tersembunyi Daun Pisang

Daun pisang memiliki banyak manfaat tersembunyi seperti mencegah penyakit kronis hingga obat alami segala macam masalah kulit.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat daun pisang untuk kesehatan dan peremajaan kulit (Pixabay/ShivaDeep_Edu)
Manfaat daun pisang untuk kesehatan dan peremajaan kulit (Pixabay/ShivaDeep_Edu)

Himedik.com - Selama ini daun pisang sering kali dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan karena memberikan aroma wangi dan membuat makanan terasa lebih lezat. Padahal daun pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sama seperti buahnya.

Daun pisang diketahui mengandung sejumlah polifenol, seperti epigallocatechin gallate atau EGCG yang biasa ditemukan dalam teh hijau. Kandung polifenol ini adalah antioksidan alami yang biasa ditemukan dalam makanan nabati.

Selain itu, daun pisang juga mengandung 3 cincin fenol dan memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Begitu pula dengan kandungan epigallocatechin gallate di dalam daun pisang yang biasa ditemukan dalam teh hijau.

Epigallocatechin gallate dipercaya mampu melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Artinya kandungan tersebut juga melindungi kita dari sejumlah penyakit kronis akibat radikal bebas, seperti kanker, arteriosklerosis, penyakit jantung dan penuaan.

Epigallocatechin gallate dapat melindungi DNA dalam sel manusia dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan radiasi yang terlihat. Kandungan ini juga efektif untuk meningkatkan oksidasi lemak dan menurunkan berat badan.

Daun pisang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti iritasi hingga ketombe (Pixabay/sarangib)
Daun pisang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti iritasi hingga ketombe (Pixabay/sarangib)

Karena itu, daun pisang yang dikemas dengan Epigallocatechin adalah bahan yang sangat bermanfaat dalam perawatan peremajaan kulit.

Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit, melansir dari indiatimes.com, daun pisang juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

1. Obat luka

Daun pisang bisa digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi luka ringan di kulit dan masalah kulit lainnya, seperti ketombe, eksim dan terbakar sinar matahari.

Kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus daun pisang secara rutin atau merendam daun pisangnya dengan air dingin lalu oleskan ke bagian kulit yang membutuhkan.

2. Mengatasi gigitan serangga

Daun pisang juga berguna untuk meringankan rasa sakit akibat gigitan serangga beracun, sengatan lebah, gigitan laba-laba, ruam dan iritasi kulit.

Daunnya memang dikenal sebagai penghilang rasa sakit alami.

3. Lotion dan krim

Daun pisang juga mengandung Allantoin, bahan aktif mahal yang ampuh membunuh kuman dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Berita Terkait

Berita Terkini