Info

4 Bumbu Dapur yang Ampuh Obati Stroke dan Jantung, dari Kunyit hingga Cabai

Berikut ini bumbu dapur yang ampuh mengatasi stroke dan serangan jantung seperti yang dialami Pablo Benua.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Cabai. (Unsplash/Thomas Evans)
Cabai. (Unsplash/Thomas Evans)

Himedik.com - Pablo Putera Benua, suami Rey Utami kini tengah menderita stroke ringan dan serangan jantung sampai harus menjalani sejumlah pantangan. Selain itu, penyakit ini juga diketahui mampu diatasi menggunakan beberapa bumbu dapur sebagai ramuan herbal.

Seperti yang diketahui stroke ringan dan serangan jantung seperti Pablo Benua bisa saja menyerang siapa pun tanpa memandang usia maupun riwayat keluarga. Nyatanya, Pablo Benua yang masih berusia 38 tahun sudah terserang stroke ringan dan penyakit jantung.

Artinya, penyakit yang diderita Pablo Benua ini bisa jadi dipicu oleh beberapa faktor seperti gaya hidup dan pola makan. Rey Utami sebagai istri pun sempat mengatakan, larangan dokter yang harus ditaati oleh Pablo Benua, mulai berhenti merokok dan tidak boleh konsumsi makanan berkolesterol.

"Dokter menyarankan untuk tidak boleh merokok, nggak boleh makan makanan berkolesterol seperti kambing, santan, berlemak yang kayak nasi padang itu nggak boleh. Jadi harus makan yang bergizi, sehat, rebus-rebusan dan tidak boleh merokok sama sekali," jelas Rey Utami channel YouTube Rey Utami & Benua.

Pablo Benua jalani rangkaian pemeriksaan karena stroke ringan dan serangan jantung (Instagram/@reyutami)
Pablo Benua jalani rangkaian pemeriksaan karena stroke ringan dan serangan jantung (Instagram/@reyutami)

Alhasil, Rey Utami sebagai istri pun sangat memperhatikan asupan gizi di setiap makanan suaminya. Ia mengaku lebih mengontrol pola makan dan sering membuatkan jus buah untuk Pablo Benua.

Usahanya memperhatikan gizi makanan suaminya itulah yang membuat kondisi Pablo Benua membaik cukup pesat sejak pulang dari rumah sakit.

Selain makanan, sebenarnya ada juga beberapa bumbu yang bisa digunakan Rey Utami atau siapa pun mengatasi stroke dan serangan jantung secara alami. Melansir dari baledoneen.com, berikut ini 4 bumbu dapur yang bisa mengobati penyakit jantung.

1. Cabai

Dalam sebuah studi terhadap 16 ribu pria Amerika yang rutin mengonsumsi cabai merah pedas memiliki tingkat kematian 13% lebih rendah daripada yang tidak pernah. Terutama tingkat kematian akibat menderita serangan jantung, pembuluh darah dan stroke.

Berdasarkan penelitian Dr. Benjamin Litternbeg, menyatakan senyawa pada cabai disebut capsaicin memiliki efek anti-inflamasi yang ampuh mengobati radang sendi dan gangguan peradangan.

Orang Tiongkok juga mempercayai kalau cabai adalah bumbu dapur paling ampuh untuk mengatasi stroke dan serangan jantung.

2. Kunyit

Curcumin, senyawa yang ada dalam kunyit ini sudah memiliki manfaat kesehatan luar biasa. Dalam uji klinis baru-baru ini menyatakan supleme curcumin sama efektifnya dengan obat resep Prozac guna meningkatkan suasana hati.

Sehingga bumbu dapur ini sangat baik dikonsumsi oleh orang dengan depresi berat karena kondisi tersebut berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan dalam kunyit ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti mikroba yang kuat.

3. Kayu manis

Konsumsi kayu manis secara rutin juga bisa mengurangi trigliserida, gula darah dan kolesterol yang menyebabkan masalah penyakit jantung. Penelitian juga menemukan bahwa kayu manis mampu meningkatkan sensitivitas insulin pada orang tanpa diabetes.

Hal itu adalah sebuah manfaat ajaib karena resistensi insulin adalah penyebab utama sekitar 70% dari serangan jantung.

4. Bawang putih

Selama lebih dari 2.000 tahun, banyak dokter menyatakan bahwa bawang putih mampu mengatasi masalah jantung. Penyataan tersebut telah dibuktikan secara ilmiah bahwa makan satu siung bawang putih setiap hari mampu membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 9%.

Sementara, mengambil ekstrak bawang putih yang sudah tua dapat mengurangi tekanan darah sistolik. Karena itu, bawang putih ampuh melawan penyakit kardiovaskular.

Berita Terkait

Berita Terkini