Info

Ini 5 Manfaat Lengkuas, Tingkatkan Kesuburan hingga Cegah Kanker!

Lengkuas salah satu bumbu dapur dengan banyak manfaat, seperti meningkatkan kesuburan pria dan mencegah kanker.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)
Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)

Himedik.com - Lengkuas salah satu bumbu dapur yang selalu tersedia di rumah sebagai penyedap rasa masakan. Sama seperti bumbu dapur lainnya, lengkuas juga kaya manfaat ajaib bagi kesehatan tubuh hingga meningkatkan kesuburan manusia.

Lengkuas adalah ramuan pahit yang berasal dari keluarga jahe dengan berbagai macam manfaat didalamnya. Saat ini banyak negara Eropa yang mengimpornya sebagai obat-obatan alami.

Para ahli herbal dan ahli homeopati pun mengakui khasiat lengkuas sebagai obat-obatan alami dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

HiMedik melansir dari naturalfoodseries.com, berikut ini 5 manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Meningkatkan jumlah sperma

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 di Iranian Journal of Reproductive Medicine menyimpulkan bahwa akar lengkuas meningkatkan motilitas dan jumlah sperma serta meningkatkan kesehatan sperma.

Studi lain juga menyatakan jumlah sperma akan meningkat tiga kali lipat ketika 34 pria sehat menerima ekstrak buah delima dan lengkuas.

2. Memperlancar pencernaan

Lengkuas yang sangat tua juga berguna untuk mengobati berbagai macam sakit perut, seperti muntah, diare, dan juga cegukan.

Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)
Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)

3. Mencegah kanker dan tumor

Lengkuas mengandung banyak zat antioksidan dan anti-inflamasi, rempah ini dapat membantu menurunkan kerusakan DNA akibat radikal bebas.

Para peneliti Inggris juga menemukan bahwa lengkuas memiliki sifat melawan kanker. Mereka sudah melakukan percobaan dengan orang yang menderita payudara dan paru-paru.

4. Menurunkan kolesterol

Para peneliti dari China menyatakan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak dengan bantuan flavonoidnya seperti kaempferol, quercetin, dan galanin.

Peneliti Korea juga membuktikan bahwa ekstrak lengkuas secara substansial mengurangi kolesterol dan Trigliserida.

5. Menurunkan demam

Apabila lengkuas dikombinasikan dengan nila-embu akan menjadi obat alami yang mujarab menurunkan demam. Kita hanya perlu mengambil 5 - 6 lembar daun Nila-Embu, campur dengan ½ lengkuas yang lebih besar.

Lalu rebus semua bahan tersebut dengan air secangkir hingga mendidih dan minumlah secara rutin 2-3 hari sekali.

Berita Terkait

Berita Terkini