Sabtu, 07 Desember 2019

6 Gejala Kanker Ini Selalu Diabaikan, dari Susah Menelan hingga Sering BAK

Kenali 6 gejala kanker yang sering diabaikan karena terlihat tidak serius, seperti susah menelan sampai sering buang air kecil.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Gejala seseorang menderita kanker yang sering disepelekan (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)
Gejala seseorang menderita kanker yang sering disepelekan (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)

Himedik.com - Semua orang wajib mengenali dan memahami gejala kanker. Karena setiap manusia memiliki jaringan sel kanker dalam tubuh yang artinya semua orang punya risiko terserang kanker.

Meskipun tidak memiliki riwayat keluarga penderita kanker, bukan berarti bisa menjamin seseorang tidak akan terserang kanker. Karena, penyebab seseorang menderita kanker sangat beragam, mulai gaya hidup sampai pola makan.

Seseorang hanya mampu berusaha mencegah kanker dengan menjaga pola hidup dan mengenali gejala sepele penyakit kanker agar lebih waspada.

Melansir dari activefeel.com, adapun 6 gejala seseorang menderita penyakit kanker yang paling sering disepelekan karena terkesan seperti sakit ringan.

1. Kelelahan berkelanjutan

Kelelahan yang terlalu sering dan tidak hilang bisa jadi gejala seseorang menderita kanker. Apalagi jika orang tersebut tidak memiliki kegiatan yang padat.

Kelelahan yang berkelanjutan ini biasanya gejala seseorang menderita kanker usus besar dan leukemia.

2. Kehilangan berat badan

Berat badan yang turun drastis dan sangat cepat tanpa melalui program diet sebaiknya patut dicurigai, bisa jadi itu gejala seseorang menderita kanker.

Karena, sebagian besar kanker memberikan efek samping penderitanya mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Gejala sepele seseorang menderita kanker, mulai sering buang air kecil sampai kelelahan berlebih (Pexels/rawpixel.com)
Gejala sepele seseorang menderita kanker, mulai sering buang air kecil sampai kelelahan berlebih (Pexels/rawpixel.com)

3. Benjolan aneh di tubuh

Jika ada benjolan aneh atau perubahan di salah satu bagian tubuh, bisa jadi itu salah satu indikator seseorang menderita kanker.

Meskipun benjolan dan perubahan itu terlihat biasa saja, normal atau tidak sakit. Tetapi, justru itulah yang patut diwaspadai sebelum terlambat mendapat pertolongan medis jika benar tanda kanker.

4. Sering demam

Peyakit kanker juga sangat memengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia yang sering memberikan efek demam tinggi secara tiba-tiba.

Biasanya gejala demam ini menunjukkan tingkat kanker sudah cukup serius. Tapi, bisa juga demam sebagai gejala awal seseorang menderita kanker limfoma dan leukemia.

Ilustrasi demam - (Pixabay/guvo59)
Ilustrasi demam - (Pixabay/guvo59)

 

5. Sering buang air kecil

Jika asupan air minum seseorang cukup anyak tentu wajar jika sering buang air kecil ke toilet. Tetapi, buang air kecil terlalu sering ini bisa jadi gejala kanker usus besar jika disertai diare dan sembelit.

Selain itu, Buang air kecil yang disertai rasa sakit atau berdarah bisa jadi tanda seseorang menderita kanker prostat.

6. Sulit menelan makanan

Kesulitan menelan makanan bukan melulu manandakan seseorang sedang panas dalam. Kesulitan menelan atau masalahan pencernaan bisa juga gejala seseorang menderita kanker perut, kerongkongan atau tenggorokan.

Karena itu, perhatikan dan pahami dengan pasti penyebab kesulitan menelan makanan. Karena, banyak orang tidak pernah terpikirkan kesulitan menelan makanan itu sebagai tanda kanker.

Terkait

Terkini