Info

Bukan O, Ini Golongan Darah yang Paling Berisiko Terserang Kanker!

Tingkat seseorang memiliki risiko terserang kanker juga bisa dilihat dari jenis golongan darah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Golongan darah yang paling berisiko terserang kanker (Pixabay/mohammed_hasan)
Golongan darah yang paling berisiko terserang kanker (Pixabay/mohammed_hasan)

Himedik.com - Setiap orang memiliki sel kanker dalam tubuh. Artinya semua orang memiliki risiko terserang kanker dengan peluang yang berbeda-beda. Salah satu yang meningkatkan peluang seseorang terserang kanker adalah berdasarkan golongan darah.

Para peneliti di Dana-Farber Cancer Institute telah menemukan hubungan antara golongan darah dengan risiko terserang kanker atau penyakit kronis lainnya.

Dalam Journal of National Cancer Institute, dilansir dari harvard.edu, ada keterkaitan yang besar antara golongan darah dengan peluang seseorang menderita kanker pankreas.

Studi Kesehatan Perawat dan Para Profesional Kesehatan menyatakan orang-orang dengan golongan darah A, B dan AB justru lebih berisiko tinggi terserang kanker kolorektal dibandingkan orang dengan golongan darah O. Tetapi, hal tersebut juga dipicu oleh faktor lainnya, seperti riwayat keluarga.

''Tingginya risiko penyakit tersebut juga tergantung faktor genetik yang mempengaruhi naik dan turunnya risiko seseorang terserang kanker,'' kata Brian Wolpin, penulis utama dalam studi tersebut.

Orang yang berisiko kanker (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)
Orang yang berisiko kanker (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)

Mereka juga menemukan bahwa orang-orang di luar golongan darah O memiliki peluang terserang kanker pankreas lebih tinggi. Masing-masing golongan darah memiliki tingkat risiko A 32%, AB 51%, dan B 72% lebih tinggi.

Hasil tersebut juga mengartikan orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit seumur hidupnya daripada golongan darah lain.

Meski begitu, mereka menegaskan kalau tingginya peluang seseorang kanker pankreas tidak hanya ditentukan dari golongan darah tetapi juga faktor lain dan pemeriksaan fisik lebih lanjut.

Ilustrasi kanker darah - (Shutterstock)
Ilustrasi kanker darah - (Shutterstock)

Salah satunya antingen tipe darah yang bisa mempengaruhi tingkat protein inflamasi dalam darah seseorang. Peradangan kronis bisa saja terjadi yang berkaitan dengan risiko kanker pankreas.

''Hubungan antara golongan darah dan risiko kanker pankreas memberikan jalan baru untuk mendapatkan mekanisme biologis yang mendasari penyakit kanker pankreas ini,'' katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini