Info

Waspada, Talenan Bisa Bikin Kamu Sakit, Ini Alasannya!

Talenanmu penuh bekas goresan?

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Talenan. (Pixabay/moigram)
Talenan. (Pixabay/moigram)

Himedik.com - Talenan yang ada di dapurmu bisa bikin kamu sakit, kok bisa? Yap, talenan bisa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman dan bakteri.

Talenan mungkin akan membuat seseorang jatuh sakit terlebih jika talenan memiliki goresan, noda atau jamur, dilansir dari worldofbuzz.

Sebagian orang mungkin mengabaikan hal ini tanpa melihat bahwa ini bisa menyebabkan sakit perut, muntah, diare, dan masih banyak lagi.

Menurut penelitian, seperti dikutip oleh Public Health Malaysia, satu sentimeter persegi dapat mengandung lebih dari 24.000 bakteri. Ini sebenarnya 200 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

Meskipun talenan tua ini tidak aman dan tidak bersih, kebanyakan dari kita masih akan menggunakannya tanpa khawatir.

<p><a href="https://pixabay.com/id/photos/alpukat-cincang-board-memasak-telur-1838785/">Talenan. (Pixabay/Pexels)</a></p>

Talenan. (Pixabay/Pexels)

Sudut, celah dan goresan pada talenan adalah rumah favorit bagi bakteri seperti Salmonella, E. Coli dan banyak lagi. Seperti yang kita tahu, infeksi salmonella menyebabkan meningitis dan E. Coli telah dikaitkan dengan kanker.

Bagaimana kita mencegah hal ini?

Untuk menjaga agar talenanmu bersih, gunakan papan terpisah untuk daging dan sayuran mentah. Jika tidak, bakteri dari daging akan pindah ke buah dan sayuran segar.

Pastikan kamu tidak mencampur peralatan yang kamu gunakan untuk menyiapkan daging dan sayuran mentah. Hal ini juga untuk mencegah kontaminasi.

Berita Terkait

Berita Terkini