Selasa, 10 Desember 2019

Ganti Menu Sarapan dengan Buah, Ini 4 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Panekuk, muffin, waffle atau irisan daging bacon memang enak, namun mengandung lemak, gula, dan karbohidrat.

Vika Widiastuti
Tiga jenis buah-buahan yang terbukti ampuh membunuh sel kanker ganas di dalam tubuh (Pixabay/romanov)
Tiga jenis buah-buahan yang terbukti ampuh membunuh sel kanker ganas di dalam tubuh (Pixabay/romanov)

Himedik.com - Ingin mengubah diet dan menerapkan pola hidup sehat? Caranya mudah, coba mulai dari mengganti menu sarapan terlebih dahulu?

Panekuk, muffin, waffle atau irisan daging bacon memang enak, namun mengandung lemak, gula, dan karbohidrat simpel yang terlalu tinggi.

Di sisi lain, sarapan dengan buah membuat Anda mendapat asupan karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani hari.

Dikuip Suara.com dari Livestrong, ini keutamaan dan manfaat sarapan buah di pagi hari:

1. Bikin kenyang hingga siang

Buah-buahan merupakan sumber karbohidrat kompleks yang sehat. Meski mengandung gula, gula alami yang ada di buah-buahan memiliki kandungan serat juga.

Lelaki pemakan buah dan sayur. [Shutterstock]
Manfaat sarapan dengan buah bikin Anda kenyang hingga siang [Shutterstock]

Karbohidrat kompleks ditambah dengan serat dan lemak baik membuat kebutuhan kalori tubuh terpenuhi dan Anda merasa kenyang hingga siang hari.

2. Kaya nutrisi

Tak hanya serat, buah-buahan juga mengandung vitamin A, B, serta mineral seperti potassium yang tinggi. Ketiga nutrisi ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak.

Ilustrasi vitamin dan mineral. (Shutterstock)
Ilustrasi vitamin dan mineral. (Shutterstock)

Kombinasi apel, blueberry, dan pisang merupakan buah-buahan yang baik dimakan untuk sarapan karena kaya vitamin A, B, C, dan mineral.

3. Makanan rendah kalori

Meski mengenyangkan, buah-buahan bisa menjauhkan Anda dari berat badan yang berlebih. Hal ini dikarenakan buah-buahan termasuk dalam kelompok makanan yang rendah kalori.

Ilustrasi makanan berkalori. (Shutterstock)
Sarapan dengan buah rendah kalori. (Shutterstock)

Strawberry, apel, anggur, pepaya, hingga pisang dan mangga merupakan buah yang bisa membuat kenyang namun memiliki kalori rendah.

4. Banyak variasi menu

Jangan takut bosan jika sarapan dengan buah. Kombinasikan beragam buah untuk mendapatkan rasa yang enak dan asupan nutrisi yang berkualitas.

Makan Buah-buahan Mampu Menghilangkan Bau Badan [pxhere]
Sarapan dengan buah banyak variasi menu. (shutterstock)

Nah, itulah manfaat dan keutamaan sarapan dengan buah. Mau mencoba sarapan dengan buah hari ini? (Suara.com/M. Reza Sulaiman)

Terkait

Terkini