Info

Tempat Bakteri Bersarang, Bersihkan Kompor Gas dengan Cuka dan Baking Soda

Campuran cuka dan baking soda terbukti ampuh bersihkan kompor di dapur tempatnya bakteri bersarang agar tampak seperti baru lagi.

Dinar Surya Oktarini | Shevinna Putti Anggraeni

Membersihkan kompor dengan canpuran baking soda dan cuka putih dapat membuatnya terlihat seperti baru lagi (Pixabay/hassangill)
Membersihkan kompor dengan canpuran baking soda dan cuka putih dapat membuatnya terlihat seperti baru lagi (Pixabay/hassangill)

Himedik.com - Dapur salah satu ruangan dalam rumah yang paling banyak terdapat bakteri. Apalagi jika seseorang tidak rajin menjaga kebersihan kompor dapurnya, terutama kompor yang digunakan untuk mengolah masakan.

Pastinya kita bisa membayangkan seberapa banyak bakteri dan kuman yang bersaran di sana jika seseorang membiarkan dapurnya kotor. Padahal bakteri dan kuman itulah yang menimbulkan berbagai masalah penyakit.

Apalagi kita mengolah berbagai jenis masakan dan minuman di ruang tersebut untuk dikonsumsi sehari-hari. Tentu saja penyebaran bakteri penyebab penyakit tersebut akan lebih cepat melalui makanan dan minum yang masuk ke mulut.

Karena itu, seseorang harus menjaga kebersihan dapurnya, termasuk kompornya meskipun tidak menempel langsung dengan makanan yang dikonsumsi.

Namun, dalam membersihkan kompor sering kali seseorang menjumpai masalah kesulitan menghilangkan noda dan minyak yang menempel. Hasilnya, beberapa orang mungkin malas atau menyerah untuk membersihkannya karena dirasa percuma.

Ilustrasi pasutri di dapur - (Pixabay/089photoshootings)
Ilustrasi pasutri di dapur - (Pixabay/089photoshootings)

Melansir dari kknews.cc, padahal masih ada cara lain yang murah meriah untuk membersihkan kompor di dapur agar terlihat seperti baru lagi.

Kita cukup menggunakan air hangat 200 ml yang dicampur cuka. Lalu gunakan kain bersih untuk membersihkan dan menggosok noda kompor dengan air campuran cuka tersebut.

Selain campuran air cuka, kita juga bisa menggunakan campuran air hangat dan baking soda untuk membersihkan kompor agar tampak seperti baru.

Cara kedua ini juga sama praktisnya dengan langkah pertama, yakni menggosok kompor menggunakan kain bersih dengan campuran air dan baking soda.

Bagi perempuan yang tidak ingin tangannya terluka karena reaksi baking soda, bisa menggunakan sarung tangan saat membersihkan kompor menggunakan air campuran baking soda.

Kedua cara tersebut telah terbukti ampuh menghilangkan noda dan minyak yang menempel di kompor serta menyebabkan bakteri penyebab penyakit bersarang.

Berita Terkait

Berita Terkini