Info

Selain Sebagai Obat Bius, Ketamin Mampu Obati Depresi

Ketamin adalah salah satu jenis anestesi umum atau obat bius total.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi obat-obatan - (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi obat-obatan - (Pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Ketamin adalah salah satu jenis anestesi umum atau obat bius total. Obat ini telah diketahui sebagai obat penenang dan cara cepat untuk depresi.

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus telah menjelaskan mekanisme otak yang mampu mengobati gangguan mood ini. Melansir dari newsweek, depresi membuat suasana hati rendah dan hilangnya minat pada kegiatan yang pernah dijalankan.

Depresi umumnya diobati melalui terapi perilaku kognitif atau obat antidepresan, seperti selective serotonin reuptake inhibitor (SSRIs). Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah mengeksplorasi apakah ketamin bisa menjadi obat dalam hal ini.

Bulan lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS menyetujui nasal spray untuk mengobati depresi karena mengandung esketamin, obat yang mirip dengan ketamin.

Dalam studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Science, para peneliti mensimulasikan kondisi yang mirip dengan depresi dengan menyuntikkan tikus dengan hormon stres.

Tes mengungkapkan hormon menurunkan jumlah pertumbuhan pada neuron atau sel-sel saraf di korteks prefrontal, bagian dari otak yang memainkan peran kunci dalam pengambilan keputusan.

Tim menemukan ketamin dapat melakukan pemulihan dan dapat membalikkan perilaku tikus.

Ilustrasi suntik kurus. (unsplash/@Hush Naidoo)
Ilustrasi suntik ketamin. (unsplash/@Hush Naidoo)

James Stone, dosen senior klinis di departemen neuroimaging di King's College London mengatakan, “Penelitian ini didasarkan pada pekerjaan sebelumnya yang menunjukkan bahwa ketamin dapat mengembalikan 'duri' dalam depresi.

"Penelitian ini memberikan satu mekanisme biologis yang mungkin yang dapat mendasari gambaran klinis depresi," kata Stone.

"Hanya dengan menguji obat lain dengan percobaan ini kita akan mengetahui efeknya terhadap pembentukan tulang belakang dendritik."

Penelitian ini datang di tengah apa yang dikenal sebagai kebangkitan psychedelic, yang telah melihat para ilmuwan menyelidiki apakah obat-obatan psikoaktif seperti MDMA dan LSD dapat digunakan untuk mengobati penyakit mental seperti depresi, kecemasan dan PTSD.

Para ilmuwan juga tidak merekomendasikan pengobatan sendiri dengan obat-obatan terlarang.

“Terlalu dini untuk mengatakan apakah MDMA atau LSD adalah antidepresan yang efektif.

'SSRI telah terbukti efektif melawan gejala klinis depresi dan juga telah terbukti meningkatkan kepadatan tulang belakang dendritik dalam penelitian sebelumnya, jadi tidak mungkin kita akan menjauh dari penggunaannya di masa mendatang," jelas Stone.

Berita Terkait

Berita Terkini