Info

Studi Ungkap Manfaat Menakjubkan Kulit Ikan Nila, Apa Itu?

Kulit ikan nila memiliki tingkat kolagen dan kemampuan melembapkan yang tinggi.

Vika Widiastuti

Ilustrasi ikan. (Pixabay/ID 41330)
Ilustrasi ikan. (Pixabay/ID 41330)

Himedik.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Federal University of Ceará di Brazil mengungkapkan manfaat ajaib kulit ikan nila atau tilapia. 

Menurut peneliti, kulit ikan nila tersebut mampu memperbaiki luka bakar. Hal ini karena kulit ikan nila memiliki tingkat kolagen dan kemampuan melembapkan yang tinggi.

Ikan nila atau tilapia sendiri merupakan ikan air tawar yang hidup di aliran-aliran, kubangan, danau, dan sungai yang dangkal.

Lewat penemuan ini, peneliti percaya bahwa metode kulit ikan nila dapat menjadi pengobatan luka bakar lebih cepat dan mengurangi kemungkinan metode perawatan yang lebih menyakitkan.

Ilustrasi ikan beku (Pixabay/Laborratte)
Ilustrasi ikan beku (Pixabay/Laborratte)

Luka bakar biasanya memerlukan perawatan dengan matode yang mahal, seperti penggunaan kulit manusia atau kulit sintetis sebagai alternatif pengobatan.

Lewat pengobatan luka bakar menggunakan kulit ikan nila, biaya akan berkurang 75 persen daripada menggunakan krim luka yang biasa digunakan di Brazil.

Para peneliti berharap metode pengobatan luka bakar ini dapat menyebar ke seluruh dunia setelah percobaan klinis selesai. (Suara.com/Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini