Info

Wow! Bantal Canggih Ini Bisa Bantu Atasi Bunyi Dengkuran

Kamu salah satu yang sering mendengkur?

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Bantal. (unsplash)
Bantal. (unsplash)

Himedik.com - Apakah kamu salah satu yang sering mendengkur? Mungkin bantal canggih ini bisa jadi solusinya.

Melansir dari mirror, para ilmuwan telah mengembangkan bantal berteknologi tinggi yang bisa mencegah dengkuran. Mikrofon yang diletakkan di dekat pendengkur digunakan untuk menangkap setiap gerutuan dan suara yang keluar.

Audio kemudian dianalisis oleh suatu algoritma yang menghitung pembatalan "anti-noise" nya. Ketika suara ini dimainkan melalui speaker di bantal mitra yang tidak mendengkur, suara dengkuran berkurang 31 desibel.

Sistem ini telah dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Illinois Utara di AS dan Universitas Kristen Chung Yuan di Taiwan.

Ini melibatkan mikrofon dan speaker di dalam bantal mitra yang tidak mendengkur dan mikrofon yang dekat dengan pendengkur.

Ilustrasi mendengkur bisa mengganggu pasangan. (Shutterstock)
Ilustrasi mendengkur bisa mengganggu pasangan. (Shutterstock)

Suatu program komputer kemudian menciptakan suara dengan amplitudo yang persis sama, tetapi dengan bentuk gelombang terbalik yang memiliki efek pembatalan.

E-bantal dapat menawarkan harapan bagi orang yang hidup dengan pendengkur. Tes menunjukkan bahwa beberapa orang mengalami tingkat kebisingan yang setara dengan tidur di samping penggiling kopi.

Lichuan Liu, dari universitas AS, mengatakan, “Saya mendengkur dan suami saya mengeluh tentang hal itu. Hidup dengan pendengkur bisa sangat sulit.

“Kami percaya proyek kami benar-benar dapat membantu mitra pendengkur. Ini bukan obat tetapi bisa mengurangi levelnya."

Para peneliti juga mencoba mikrofon di berbagai lokasi. Mikrofon yang berada di bantal mengurangi gangguan sebanyak 31 desibel, sementara teknologi yang dibangun di headboard memberikan pengurangan sebanyak 21 desibel.

Perangkat ini dapat dioperasikan oleh aplikasi khusus.

Berita Terkait

Berita Terkini