Info

Mampu Turunkan Kolesterol, Begini Cara Buat Teh Bawang Putih di Rumah!

Minum teh bawang putih saat panas secara rutin mampu kurangi kadar kolesterol pada tubuh.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat konsumsi teh bawang putih bagi kesehatan tubuh (Pixabay/chezbeate)
Manfaat konsumsi teh bawang putih bagi kesehatan tubuh (Pixabay/chezbeate)

Himedik.com - Pusat Medis Penn State mempercayai bawang putih segar, bawang putih panggang, bawang putih tua dan lainnya memiliki manfaat dan efek masing-masing pada tubuh. Begitu pula dengan teh bawang putih yang memiliki khasiat tersendiri sebagai obat tradisional.

Setiap teh bawang putih memiliki khasiat masing-masing tergantung dari bahan campurannya. Contohnya, mencampurkan bawang putih dengan madu dan lemon atau jenis teh lainnya.

Teh bawang putih dengan campuran lemon dan madu ini dipercaya bisa menjadi obat tradisional yang telah dibuktikan secara ilmiah.

Melansir dari verywellfit.com, salah satu manfaat teh bawang putih adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan darah rendah.

Menurut The University of Oregon, Linus Pauling Institute, bawang putih adalah sumber senyawa organosulfur yang baik, termasuk allinase yang terbentuk dari cincangan bawang putih. Senyawa organosulfur inilah yang dianggap memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ilustrasi manfaat teh bawang putih (Pixabay/manfredrichter)
Ilustrasi manfaat teh bawang putih (Pixabay/manfredrichter)

Studi dalam laboratorium menunjukkan bahwa bawang putih mentah dapat membunuh bakteri, mengurangi kadar lemak darah, memperlambat pembekuan darah dan berpotensi menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi pertumbuhan tumor yang menyebabkan kanker. Karena bawang putih memiliki kualitas antibakteri, antivirus, antiparasit dan antijamur yang tinggi.

Cara membuat teh bawang putih ini pun sangat mudah. Kita hanya perlu menyiapkan tiga bahan, yakni bawang putih, lemon dan madu dengan takaran sebagai berikut:

1. Bawang putih 3-4 siung

2. Jus lemon 1/2 cangkir

3. Madu 1/2 gelas

Setelah semua bahan siap, isi panci dengan air sebanyak 3 gelas. Masukkan semua bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong dua sampai mendidih.

Matikan api jika sudah mendidih, lalu tambahkan lemon dan madu. Jika semua bahan sudah dicampur, angkat bawang putih dan sajikan saat masih panas.

Meskipun teh bawang putih memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, minuman ini juga memberikan efek samping bagi beberapa orang.

National Institute of Health (NIH) mengatakan, mengonsumsi bawang putih memiliki sejumlah efek samping seperti bau mulut, bau badan, mulas dan sakit perut bagi kebanyakan orang dalam jumlah tertentu.

Selain itu, bawang putih juga meningkatkan risiko pendarahan dan bisa mengganggu efektivitas beberapa obat untuk mengobati infeksi HIV.

Bagi orang yang memiliki alergi bawang putih mungkin akan mengalami gejala dan kondisi yang lebih parah lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini