Info

Catat! Ini 3 Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

Dr. Diah Suksmasari, menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C, vitamin D dan Zinc untuk mendukung pertahanan tubuh.

Vika Widiastuti

Ilustrasi vitamin C. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi vitamin C. (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Tak lama lagi umat muslim akan menyambut bulan Ramadan 2019 dan menjalankan puasa. Untuk itu, asupan nutrisi pun penting untuk diperhatikan. 

Untuk mengantisipasi gangguan kecukupan asupan gizi selama berpuasa, selain protein, karbohidrat kompleks dan buah, tubuh juga membutuhkan tambahan asupan nutrisi termasuk vitamin dan mineral

Beberapa di antaranya, Medical Advisor of PT Bayer Indonesia, Dr. Diah Suksmasari, menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C, vitamin D dan Zinc untuk mendukung pertahanan tubuh.

"Sebenarnya bisa kalau hanya vitamin C saja, yakni untuk menurunkan gejala flu, tapi ada studi yang mengungkapkan, bahwa kombinasi vitamin C dan zinc itu bukan hanya mengurangi symptoms flu, tapi juga gejalanya bisa berkurang dan lama dari gejala itu juga berkurang," ujar dia menjelaskan dalam acara Redoxon Triple Action, di Jakarta, Selasa (23/4/2019) diberitakan Suara.com.

Sedangkan, lanjut dia, penambahan vitamin D, tidak hanya baik untuk tulang, melainkan membantu kinerja vitamin C dan zinc lebih cepat, sehingga aktivatasi sistem imun bisa lebih cepat. 

Untuk itu, Dr Diah menekankan jika ketiga vitamin dan mineral ini bisa tercukupi saat berpuasa tiba, untuk memberikan perlindungan optimal terhadap sistem perlengkapan tubuh. 

"Jika tidak, selain dehidrasi, tubuh saat puasa itu jadi mudah sakit, kena flu, ISPA atau lemas sekali. Untuk mencukupinya bisa dari tambahan suplemen yang diminum saat sahur. Khususnya untuk kebutuhan zinc dan vitamin D," tutup dia.

(Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini