Info

Mudah Ditemukan, Kunyit Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol!

Kunyit adalah bumbu dapur yang ampuh turunkan kadar kolesterol dan cegah penyakit kardiovaskular.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Kunyit ternyata mampu turunkan kadar kolesterol (Pixabay/sergioyahni)
Kunyit ternyata mampu turunkan kadar kolesterol (Pixabay/sergioyahni)

Himedik.com - Kunyit salah satu bumbu dapur yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Ternyata bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Para peneliti dilansir dari universityhealthnews.com, kunyit sangat bermanfaat tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol karena mengandung curcumin. Kandungan curcumi itulah yang ampuh menurunkan kolesterol dan mencegah oksidasi.

Studi pada 1990-an silam telah membuktikan kaitan kunyit dengan kolesterol dan beberapa manfaat lainnya seperti menyembuhkan penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang diterbitkan Jurnal Fisiologi dan Farmakologi India membuktikannya dengan 10 sukarelawan yang mengonsumsi 50 mg curcumin per hari selama seminggu.

Kunyit. (pixabay/stevepb)
Kunyit. (pixabay/stevepb)

Hasil penelian menunjukkan setelah seminggu mengonsumsi curcumin dalam kunyit membuat kadar kolesterol para sukarelawan turun 11,63% dan meningkatkan kolesterol baik setinggi 29%.

Dalam penelitian itu pula berhasil membuktikan bahwa curcumin dalam kunyit memang ampuh menurunkan kadar kolesterol total tanpa efek samping yang serius.

Selain itu, curcumin dalam kunyit juga mampu menurunkan peradangan dan mengurangi kerusakan oksidatif yang merusak pembuluh darah serta menyebabkan penumpukan plak. Karena, penumpukan plak itu pula yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Cara mengonsumsi kunyit sebagai obat herbal pun bisa bermacam-macam sesuai selera. Seperti mengolahnya menjadi jamu, mencampurkannya ke dalam makanan atau bumbu kari.

Sehingga kita masih bisa menikmati obat tradisional ini dengan nikmat tanpa mengurangi manfaat ajaibnya.

Berita Terkait

Berita Terkini