cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 21 September 2020

Studi: Tonton Film Avengers: Endgame Bantu Atasi Fobia Laba-Laba, Kok Bisa?

Anda punya fobia terhadap laba-laba atau serangga?

Vika Widiastuti
cloud_download Baca offline
Avengers: Endgame. [YouTube/@MarvelIndonesia]
Avengers: Endgame. [YouTube/@MarvelIndonesia]

Himedik.com - Penayangan sekuel Avengers: Endgame telah banyak menarik perhatian. Jadi tak heran karena animo yang besar dari penggemar dari film hero ini membuat beberapa bioskop membuka layanan selama 24 jam. 

Di dalam film berdurasi tiga jam tersebut berbagai superhero besutan Marvel pun menampakkan diri, termasuk di antaranya Peter Parker sebagai Spider-Man dan Scoot Lang yang menjelma sebagai Ant Man.

Sebuah studi terkini menyebut bahwa menonton film superhero yang menampakkan sosok Spider-Man dan Ant Man ini dapat meredakan gejala fobia pada mereka yang takut laba-laba maupun serangga.

Temuan yang didapat peneliti dari Universitas Ariel di Israel ini mengatakan bahwa klip Spider-Man lebih efektif dalam menyembuhkan fobia serangga dibandingkan hanya melihat rekaman laba-laba dalam bentuk nyata. Bahkan penurunan gejala fobia ini mencapai 20 persen.

"Konsep mengobati fobia dengan mengekspos penderita pada rangsangan yang sama yang memicu itu telah dipelajari sebelumnya, tetapi tidak pernah menggunakan tokoh fantasi atau buku komik," ujar Prof Menachem Ben-Ezra.

Untuk mengarah pada studi ini, peneliti menganalisis 424 peserta dengan fobia yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk menonton adegan-adegan dari Film Spider-Man dan Ant-Man. Sementara kelompok kedua hanya diberi rekaman semut dan laba-laba yang sebenarnya.

Hasil temuan menyebutkan bahwa penurunan gejala fobia signifikan terjadi pada kelompok Spider-Man dan Ant-Man dibandingkan dengan kelompok kedua yang hanya diberi video semut dan laba-laba.

"Memasukkan paparan adegan pendek dari Marvel Cinematic Universe dalam protokol terapi untuk fobia serangga dan semut itu sangat manjur menurut temuan kami," ujar Prof Ben-Ezra.

Prof Ben mengatakan bahwa temuan ini bisa menjadi cara bagi para psikiater atau psikolog dalam mengurangi kecemasan berlebih pada penderita fobia. Film-film Superhero ini kata dia memiliku kisah-kisah moral yang baik untuk menghadapi ketakutan seseorang.

“Ketika seseorang semakin terpapar pada rangsangan fobia, ia tidak lagi takut. Sampai saat ini, efek paparan positif, meskipun fantasi, misalnya dalam bentuk film Marvel, belum dicoba dalam terapi perilaku kognitif tapi terbukti efektif," imbuhnya dilansir Suara.com dari Nypost.

Prof Ben kini berencana untuk menggunakan genre superhero untuk mengeksplorasi manfaatnya pada pasien yang menderita gangguan stres pasca-trauma (PTSD). PTSD sendiri biasanya disebabkan oleh peristiwa yang membuat stres atau menakutkan, mimpi buruk, depresi, gangguan tidur dan rasa bersalah.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology bertepatan dengan peluncuran film Marvel Avengers: Endgame, yang juga menampilkan Spider-Man dan Ant-Man.

Kedua karakter ini juga membintangi film mereka sendiri antara lain Spider-Man: Into the Spider-Verse dan yang akan datang Spider-Man: Far From Home dijadwalkan tayang musim panas ini. Sementara film Ant-Man dirilis pada 2015 dan sekuelnya Ant-Man and the Wasp tayang pada 2018 lalu.

Wah, jadi kalau punya fobia laba-laba bisa nonton Avengers: Endgame untuk mengatasinya. (Suara.com/Firsta Nodia)

Terkait

Terkini