Info

Barang-barang di Rumah yang Bisa Buat Bayi Tercekik, Moms Harus Waspada!

Peneliti menyebut bantal, guling, selimut, bed cover, hingga matras atau kasur bisa menyebabkan bayi tercekik tanpa sengaja.

Vika Widiastuti

Ilustrasi bayi tidur - (PIxabay/Ben_Kerckx)
Ilustrasi bayi tidur - (PIxabay/Ben_Kerckx)

Himedik.com - Setiap orang tua akan berusaha agar bayinya aman dan terhindari dari hal-hal yang membahayakan. Nah, sebuah studi baru menyebutkan,  ada barang-barang di sekitar kita yang menyebabkan bayi tercekik hingga  berakibat fatal, bahkan meninggal dunia. 

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics, peneliti menyebut bantal, guling, selimut, bed cover, hingga matras atau kasur bisa menyebabkan bayi tercekik tanpa sengaja.

Peneliti mengungkap dari 69 persen kasus kematian bayi karena tercekik, terjadi karena bayi ditempatkan di selimut, bantal, dan kasur untuk orang dewasa yang lebih lembut.

"Selimut dan bantal orang dewasa lebih lembut daripada untuk bayi, membuat mereka lebih rawan berguling dan akhirnya tercekik serta kehabisan napas," urai Alexa Erck Lambert dari CDC Amerika Serikat, dilansir Suara.com dari Reuters.

Ilustrasi bayi tidur. (Shutterstock)
Ilustrasi bayi tidur. (Shutterstock)

Penelitian dilakukan dengan menganalisis 1.812 kasus kematian bayi mendadak yang terjadi di AS dari tahun 2011 hingga 2014.

Ditemukan pula satu dari lima bayi meninggal mendadak karena tertindih atau tertimpa orang dewasa tanpa sengaja. Seringnya, kasus ini terjadi pada bayi yang tidur satu ranjang dengan orang tua.

Untuk menghindari kematian bayi karena hal-hal ini, dokter menyarankan agar orang tua menjauhkan bayi dari bantal dan selimut yang terlalu lembut. Idealnya, bayi juga diberikan tempat tidur sendiri dalam keranjang atau box yang terpisah dari tempat tidur orang tua. (Suara.com/M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait

Berita Terkini