Info

5 Buah Ini Tak Disarankan untuk Disimpan di Kulkas, Apa Saja?

Lalu, apa saja buah yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas? simak daftarnya!

Vika Widiastuti

Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (pixabay)
Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (pixabay)

Himedik.com - Buah-buahan kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Namun, di samping itu harus dicatat jika tak semua buah baik disimpan di kulkas. Hal itu karena justru malah membuah buah kehilangan gizinya.

Dilansir Suara.com dari www.ag.ndsu.edu, Julie Garden-Robinson, Ph.D., R.D., L.R.D., spesialis makanan dan nutrisi, mengatakan bahwa suhu rendah pada kulkas bisa memberi efek negatif pada beberapa makanan sehat, di antaranya adalah buah-buahan.


Lalu, apa saja buah yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas? Ini dia daftarnya:

1. Melon
Menurut Robinson, melon akan memberi rasa terbaik jika disimpan di suhu ruang. Jika disimpan di kulkas, terutama saat melon sudah dipotong, akan membuat melon lebih cepat kering dan keriput. Dan ini tentu saja akan mengubah citarasanya. Selain itu, hasil penelitian United States Department of Agriculture atau USDA juga menemukan bahwa penyimpanan melon pada suhu kamar dapat membantu menjaga antioksidannya tetap utuh.

Buah Melon. (pixabay)
Buah Melon. (pixabay)

2. Tomat
Tekstur tomat bisa rusak karena suhu dingin di kulkas. Rasanya pun akan menjadi kurang tajam, kurang asam, dan kurang segar. Sebuah penelitian di Universitas Florida menemukan bahwa tomat yang disimpan dalam suhu rendah akan membuatnya jadi lebih hambar.

Ilustrasi tomat (pIxabay/Couleur)
Ilustrasi tomat (pIxabay/Couleur)

3. Alpukat
Buah alpukat berada dalam kondisi paling baik ketika dinikmati pada suhu kamar. Buah alpukat matang boleh saja disimpan di kulkas agar tetap bagus selama beberapa hari ke depan. Tapi kalau alpukat belum matang, sebaiknya tidak menaruhnya di dalam kulkas. Suhu dingin akan menghambat proses pematangannya.

Alpukat. (pixabay/silverstylus)
Alpukat. (pixabay/silverstylus)

4. Pisang
Suhu dingin adalah musuh untuk pisang. Pisang yang belum matang, tidak akan menjadi matang jika disimpan di dalam kulkas. Dan jika pisang matang (kuning) disimpan di kulkas, kulitnya akan cepat berubah menjadi kecokelatan karena enzim memecah nutriennya.

Makan pisang 2 kali sehari memberikan banyak manfaat tak terduga pada tubuh (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi pisang. (Pixabay/stevepb)

5. Semangka
Buah yang kaya akan air ini memiliki kandungan antikanker yang disebut likopen. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition, kadar likopen dalam semangka akan meningkat hingga 40 persen jika diletakkan pada suhu ruangan. Asam amino arginine juga akan bertambah banyak jika semangka disimpan di suhu ruang.

Ilustrasi semangka. (Pixabay/ivabalk)
Ilustrasi semangka. (Pixabay/ivabalk)

(Suara.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini