Info

Ini 5 Obat Alami Atasi Asam Urat, Ada Jahe hingga Bunga Sepatu

Tanaman jahe hingga bunga sepatu ternyata ampuh mengobati asam urat secara alami.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi orang menderita asam urat (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi orang menderita asam urat (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Beberapa orang mungkin pernah atau sedang dilema menyembuhkan asam urat. Padahal ada banyak buah dan bumbu dapur yang bisa dijadikan obat tradisional mengatasi asam urat.

Perlu diketahui, asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di area jari kaki, pergelangan kaki dan lutut.

Asam urat terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam yang memecah purin dalam makanan.

Biasanya orang dengan asam urat harus menghindari beberapa makanan agar penyakit ini tak kambuh. Tetapi, cara ini tak sepenuhnya efektif menghilangkan asam urat jika tanpa tindakan apapun.

Karena itu, ubah pola hidup sambil mengonsumsi beberapa makanan yang berfungsi sebagai obat alami asam urat. Melansir dari healthline.com, berikut ini makanan yang dipercaya mampu atasi asam urat:

Jahe - (Pixabay/siala)
Jahe - (Pixabay/siala)

1. Jahe

Jahe salah satu bumbu dapur yang dipercaya mampu mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Studi lain juga menunjukkan jahe mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Caranya pun sangat mudah. Kita cukup memakai 1 sendok jahe parut yang direbus menggunakan air secukupnya sampai mendidih.

Setelah mendidih, rendam waslap dalam air rebusan jahe tersebut dantempelkan di daerah yang sakit selama 15-30 menit setidaknya sehari sekali.

Selain cara itu, kita juga bisa meminum rebusan jahe sebanyak 3 gelas per hari agar pengobatan asam urat lebih maksimal.

2. Apel

Sebuah situs kesehatan telah menyatakan apel yang biasa dikonsumsi sebagai menu diet wanita juga bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Memang belum ada penelitian yang mendukung bahwa apel bisa menyembuhkan asam urat. Tetapi, makan satu apel setiap harinya sangat baik untuk kesehatan dan mungkin saja bermanfaat mengatasi asam urat.

3. Pisang

Pisang yang kaya kalium cukup baik untuk mengatasi masalah asam urat sekaligus membantu jaringan serta organ tubuh berfungsi dengan baik.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan pisang mampu mengobati asam urat. Konsumsi satu pisang setiap harinya cukup baik untuk kesehatan tubuh.

Makan pisang 2 kali sehari memberikan banyak manfaat tak terduga pada tubuh (Pixabay/stevepb)
Makan pisang 2 kali sehari memberikan banyak manfaat tak terduga pada tubuh (Pixabay/stevepb)

4. Seledri

Seledri salah satu sayuran rumahan yang ampuh mengobati masalah kandung kemih hingga asam urat. Itu terutama ekstrak biji seledri yang sudah populer sebagai obat tradisional asam urat.

Beberapa penelitian ilmiah mengatakan seledri mampu mengurangi peradangan sendi jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Baik dalam bentuk jus, ekstrak atau mengunyahnya saat masih mentah.

5. Bunga sepatu

Tak banyak yang tahu, bunga sepatu yang sering dijadikan tanaman hias ini bisa berfungsi sebagai obat tradisional.

Sebuah studi pun telah membuktikannya bahwa bunga sepatu bisa menjadi obat alami untuk menurunkan kadar asam urat. Namun, penelitian tersebut dilakukan pada seekor tikus.

Berita Terkait

Berita Terkini