Info

Cuma Kayak Cacing, Arti Tulisan Tangan Dokter Ini Bikin Netizen Heboh

Media sosial kembali heboh dengan foto tulisan tangan dokter yang tidak terlihat jelas tapi punya arti khusus.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Reaksi tak terduga seseorang setelah mengetahui bacaan tulisan tangan dokter yang ternyata berisi resep obat (Instagram/@makassar_iinfo)
Reaksi tak terduga seseorang setelah mengetahui bacaan tulisan tangan dokter yang ternyata berisi resep obat (Instagram/@makassar_iinfo)

Himedik.com - Belakangan media sosial heboh dengan foto tulisan tangan dokter yang meresepkan suatu obat untuk pasiennya. Banyak orang kebingungan mengartikan tulisan tangan dokter tersebut.

Seperti yang kita tahu, tulisan tangan dokter setiap meresepkan obat sangat sulit terbaca. Tetapi, bagian apoteker selalu terlihat sangat mudah membaca tulisan tangan dokter.

Diketahui tulisan tangan dokter selalu tidak jelas terbaca karena mengandung kode-kode obat yang hanya bisa dipahami oleh paramedis. Termasuk tulisan tangan dokter yang viral di media sosial ini.

Sekilas tulisan tangan dokter ini nampak seperti tanda tangan biasa. Rupanya tulisan itu berisi resep obat untuk pasiennya.

Beberapa orang pun berusaha menghubungi teman dan kerabatnya yang bekerja menjadi dokter atau bidang farmasi untuk menebak tulisan tangan dokter tersebut.

Reaksi orang ketika mengetahui arti tulisan tangan dokter yang maksudnya Paracetamol (Instagram/@makassar_iinfo)
Reaksi orang ketika mengetahui arti tulisan tangan dokter yang maksudnya Paracetamol (Instagram/@makassar_iinfo)

Ternyata tulisan tangan dokter yang terlihat seperti tanda tangan dan hanya terlihat huruf P di bagian depan itu maksudnya obat paracetamol.

Sontak orang-orang yang berusaha mencari tahu artinya pun menunjukkan berbagai macam reaksi tak terduga setelah mengetahui arti tulisan itu hanya obat paracetamol.

Mereka pun seolah terheran bagaimana orang-orang yang mereka tanyakan dan bekerja di bidang medis bisa membaca tulisan itu adalah paracetamol dengan begitu mudahnya.

Beberapa menjelaskan huruf P dan L yang terlihat dalam kertas resep tersebut biasanya diartikan sebagai paracetamol. Ada pula yang beranggapan tulisan tersebut nampak seperti singkatan PCT yang berarti paracetamol.

Publik yang masih awam pun semakin terheran dan bingung mengapa dokter tidak menulis obat tersebut dengan singkatan yang mudah dan jelas, seperti PRCTML. Sejumlah warganet yang melihat unggahan ini di instagram @makassar_iinfo pun turut mengemukakan pendapatnya mengapa tulisan dokter selalu tidak jelas.

Ilustrasi dokter menulis - (Pixabay/mufidpwt)
Ilustrasi dokter menulis - (Pixabay/mufidpwt)

''Fyi: sengaja tulisan dokter di jelekkan karena kalau bagus ditakutkan resep dari dokter disalahgunakan oleh pasien untuk membeli obat yang terlarang jadi yang bisa membaca tulisan dokter hanyalah di bidangnya saja contohnya apoteker dll,'' kata @programmer_mks.

''Iya memang bener paracetamol. Gunanya tulisan dokter seperti itu supaya menghindari penyalahgunaan obat. Kalaupun farmasi gak ngeehh tulisan dokter maka pihak farmasi langsung menghubungi dokternya untuk konfirmasi. Jadi sebenernya ilmunya tau sama tau aja gak ada ilmu dasarnya harus nulis super urek urekan,'' terang @syafa_almahyra.

''Apa cuman saya sendiri ngechat tanya ke teman kedokteran dan farmasi dan semua mengetahui ya,'' kata @asrulsanii.

Berita Terkait

Berita Terkini