cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Segar Maksimal, Es Teh Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Gagal Ginjal

Es teh yang sering jadi pilihan saat buka puasa justru sangat buruk bagi kesehatan dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Es teh. (pixabay)
Es teh. (pixabay)

Himedik.com - Es teh biasanya menjadi pilihan paling favorit untuk mengatasi rasa haus di kala panas siang hari atau buka puasa. Namun, ternyata minum es teh justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Perlu dibedakan antara minuman es teh dan teh biasa. Secara umum, teh memang baik untuk kesehatan manusia karena mampu menurunkan risiko kanker dan berat badan.

Penelitian terbaru pun menyebutkan teh juga mampu membantu seseorang menurunkan tekanan darah tinggi. Tetapi, akan berbeda cerita ketika kita mengonsumsi es teh.

Melansir dari healthcare.utah.edu, Mei 2014 lalu, seorang pria usia 56 tahun mengeluh kelelahan, lemas, dan sakit di seluruh bagian tubuhnya. Dokter kemudian menemukan bahwa ia mengalami gagal ginjal.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam ditemukan bahwa pria tersebut selalu mengonsumsi es teh setiap harinya dan hampir satu galon. Kebiasaan minum es teh secara berlebihan itulah membuatnya mengalami gagal ginjal.

ilustrasi sakit ginjal - (Shutterstock)
ilustrasi sakit ginjal - (Shutterstock)

''Es teh mengandung banyak asam aksalat yang jika dikonsumsi berlebihan bisa mengendap di ginjal dan membuat pembuang limbah justru melalui darah,'' kata Scott Youngquist, dokter darurat di University of Utah Health.

Oleh karena itu, pria ini yang memiliki kebiasaan minum es teh setiap harinya bahkan bisa menghabiskan satu galon es teh mengalami gagal ginjal. Kondisi itu disebabkan oleh banyaknya endapan es teh di ginjalnya.

Begitu pula dengan teh hitam yang kaya oksalat dan kandungannya mudah ditemukan secara alami dalam makanan tertentu. Jika terlalu sering meminum teh hitam juga bisa menyebabkan batu ginjal.

Manfaat konsumsi teh bawang putih bagi kesehatan tubuh (Pixabay/chezbeate)
Manfaat konsumsi teh bawang putih bagi kesehatan tubuh (Pixabay/chezbeate)

Dokter pun juga menduga pria tersebut mungkin saja mendapat asupan senyawa oksalat ini dalam jumlah yang sangat banyak, sekitar 1.500 miligram setiap harinya. Padahal seharusnya seseorang hanya bisa menerima asupa oksalat ini sekitar 150 sampai 500 miligram setiap harinya.

''Jenis gagal ginjal ini juga bisa disebabkan karena konsumsi buah belimbing, mentimun dan kacang tanah yang berlebihan,'' ujarnya.

Intinya, mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan bisa menimbulkan efek tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Meskipun minuman dan makanan tersebut memiliki manfaat bagi tubuh.

Terkait

Terkini