Sabtu, 25 Januari 2020

Jangan Khawatir Bau Mulut Saat Puasa, Ini 5 Makanan untuk Mengatasinya!

Teh hijau mengandung zat polyphenol yang berguna untuk menghalang pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Vika Widiastuti
cloud_download Baca offline
Ilustrasi bau mulut. (shutterstock)
Ilustrasi bau mulut. (shutterstock)

Himedik.com - Mengalami bau mulut saat puasa bukannya hal yang aneh lagi. Namun, yang perlu kamu tahu adalah cara mengatasinya dengan memilih makanan saat sahur atau buka puasa

Bagi kebanyakan orang merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman saat merasa bau mulut. Jadi mereka malah enggan untuk berbicara kepada orang lain secara leluasa.

Terdapat beberapa faktor mengapa mulut berbau tidak sedap ketika puasa. Salah satu faktornya adalah sistem pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.

Nah, ketika puasa tentunya sistem pencernaan menjadi sedikit beristirahat dari aktivitas mencerna makanan. Tak hanya itu saja, bau mulut bisa disebabkan karena asam lambung yang tinggi dan kekurangan cairan di dalam tubuh.

Nah, jika selama ini kamu merasa tidak nyaman dan cenderung panik, sekarang sudah ada beberapa solusi makanan untuk hilangkan bau mulut saat puasa yang telah DewiKu.com rangkum. 

1. Teh hijau

Ilustrasi minuman teh hijau / Pixabay.com
Ilustrasi minuman teh hijau. (Pixabay)

Mengonsumsi teh hijau ketika sahur dan berbuka tak ada salahnya. Selain rasanya yang enak, teh hijau akan sangat membantu menghilangkan bau mulut. Teh hijau mengandung antioksidan berupa zat polyphenol yang berguna untuk menghalang pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Tak hanya itu saja, teh hijau juga mengandung zat aktif bernama catechins yang dapat menghilangkan plak di gigi. Jadi cocok banget untuk mengatasi bau mulut yang tak sedap.

2. Yoghurt

Ternyata yoghurt juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Makanan ini mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang dapat melawan dan mencegah bakteri, sehingga dapat mencegah bau mulut.

3. Apel

Buah apel. (Unsplash/Aarón Blanco Tejedor)
Buah apel. (Unsplash/Aarón Blanco Tejedor)

Buah yang manis ini masuk ke dalam kategori makanan yang bisa menghilangkan bau mulut. Pasalnya ketika seseorang mengunyah apel, maka produksi air liurnya akan bertambah, hal ini akan menjadi pembersih mulut secara alami. Gigi juga akan bersih dari sisa-sisa makanan.

4. Tomat

Tomat memiliki kemampuan yang sama dalam mengatasi bau mulut. Kamu bisa langsung memakannya atau diolah menjadi jus. Konsumsi rutin saat berbuka dan sahur akan sangat membantu dalam mengatasi bau mulut ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

5. Lemon atau jeruk

Jeruk mandarin. (Pexels/Pixabay)
Jeruk mandarin. (Pexels/Pixabay)

Last but not least, salah satu makanan untuk hilangkan bau mulut saat puasa adalah lemon atau jeruk. Buah ini mengandung vitamin C yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, vitamin C juga sangat baik dalam melindungi gusi dari berbagai penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut. (DewiKu.com/Kintan Sekarwangi)

Terkait

Terkini