Info

Derita Asam Urat, Raffi Ahmad Pilih Makan Ayam Dibanding Buncis, Amankah?

Raffi Ahmad lebih pilih ayam goreng daripada buncis, padahal ayam juga tinggi purin penyebab asam urat.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Seorang istri tega bunuh suaminya karena lupa dibelikan paha ayam (Pexels/Pixabay)
Seorang istri tega bunuh suaminya karena lupa dibelikan paha ayam (Pexels/Pixabay)

Himedik.com - Sahur pertama, Raffi Ahmad menolak tumis buncis buatan Nagita Slavina dengan alasan asam urat. Raffi Ahmad pun lebih memilih makan beberapa potong ayam saat sahur yang seharusnya juga perlu diperhatikan penderita asam urat.

Mulanya, Nagita Slavina sudah mempersiapkan berbagai macam lauk pauk dan sayur untuk menu sahur Raffi Ahmad. Mulai ayam baka, ayam pop, sate padang hingga tumis buncis daging buatannya.

Nagita Slavina yang secara khusus memasak tumis buncis untuk Raffi Ahmad pun berusaha menawarkan, tetapi langsung ditolak karena alasan asam urat.

"Nggak mau, nggak mau," tolak Raffi Ahmad ketika Nagita Slavina menyodorkan masakannya dikutip dari vlog Youtube Rans Entertainment.

"Ihh ini aku yang masak, ihh udah aku masakin," ujar Nagita Slavina dengan wajah kecewa.

"Nggak gitu, ini asam urat, aku nggak bisa makan," jelas Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad tidak mengonsumsi buncis karena menderita asam urat (Youtube/Rans Entertainment)
Raffi Ahmad tidak mengonsumsi buncis karena menderita asam urat (Youtube/Rans Entertainment)

Raffi Ahmad lantas memilih melahap beberapa potong ayam di hadapannya yang ternyata menu kesukaannya.

Nagita Slavina mengaku sengaja mempersiapkan banyak ayam, karena Raffi Ahmad tak cukup 1-3 ayam sekali makan.

"Aku kalau beli ayam biasanya 20 potong karena Raffi itu bisa makan 10 sendiri, suka banget dia," ujarnya.

Menurut Institut Nasional Arthritis dilansir dari livestrong.com, asam urat termasuk jenis radang sendi yang berkembang menjadi asam urat.

Seseorang dengan asam urat memang harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam urat, terutama makanan yang mengandung banyak purin.

Sedangkan, daging ayam makanan kesukaan Raffi Ahmad termasuk makanan yang mengandung purin tinggi. The University of Pittsburg Medical Center menyatakan penderita asam urat hanya bisa menerima 6 ons protein yakni makanan yang tinggi purin seperti ayam.

Artinya, bukan berarti penderita harus menghindari makan ayam karena bisa menyebabkan asam urat. Melainkan membatasinya agar tak terlalu banyak mengonsumsi ayam dalam sehari.

Penderita asam urat juga disarankan minum air putih yang banyak setelah dan sebelum mengonsumsi ayam. Karena, asupan cairan yang cukup pada tubuh mampu mencegah penumpukan asam urat di persendian.

Selain itu, penderita asam urat juga tidak bisa sembarangan mengonsumsi semua bagian daging ayam. Sebab, mereka disarankan untuk mengonsumsi bagian daging ayam yang ramping dan tidak memiliki banyak lemak.

Berita Terkait

Berita Terkini