Info

Studi Sebut Menangis Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Ini Waktu yang tepat untuk menangis!

Vika Widiastuti

Ilustrasi menangis. (Pixabay/Kat J)
Ilustrasi menangis. (Pixabay/Kat J)

Himedik.com - Menangis merupakan salah satu wujud ekspresi ketika seorang sedang sedih atau terharu. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan, menangis ternyata bisa menurunkan berat badan. Kok bisa?

Dilansir dari AsiaOne via World of Buzz, Sabtu (11/5/2019), menangis terutama diikuti dengan semua perasaan dan emosi yang berat, dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal ini karena hormon-hormon dari tangisan yang emosional bisa membantu meningkatkan level kortisol yang terjadi ketika Anda memiliki emosi yang terbendung.

Faktanya, air mata yang disebabkan oleh stres berat ternyata memiliki kemampuan untuk menyingkirkan beberapa jenis zat beracun dari tubuh. Ahli biokimia William Frey pun menyimpulkan bahwa menangis membantu menghilangkan zat-zat beracun yang cenderung menumpuk ketika manusia memiliki emosi yang tertekan.

Ilustrasi sedih (Pixabay/Anemone123)
Ilustrasi sedih (Pixabay/Anemone123)

Menanggapi ini, tubuh kita mungkin tidak akan menyimpan lebih banyak lemak karena Anda sudah melepaskan hormon stres melalui menangis.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa hanya menangis karena emosi yang nyata yang bisa mendapatkan manfaat ini. Menangis pada dasanya dibedakan menjadi 3.

Pertama, yaitu menangis basal atau air mata fungsional dasar yang berfungsi menjaga kelembapan mata. Lalu, air mata refleks yang terjadi tanpa sengaja seperti kena asap atau angin. Terakhir air mata psikis yang berkaitan dengan perasaan atau emosi manusia.

Untuk memaksimalkan efek ini, para ilmuan menyarankan untuk menangis kapan saja dari pukul 7-10 malam dan menyebut ini adalah waku terbaik untuk menangis karena menonton film-film favorit Anda atau film-film yang berakhir sedih.

Berita Terkait

Berita Terkini