Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 12 Juli 2020

Pernah Meninggal, Pria Ini Alami Perubahan Drastis hingga Jadi Pelatih Gym

Ryan Macdonald mengatakan, pengalamannya 'mati suri' adalah titik balik hidupnya.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
cloud_download Baca offline
Ryan Macdonald - (Instagram/@ryvindiesel)
Ryan Macdonald - (Instagram/@ryvindiesel)

Himedik.com - Seorang pria bernama Ryan Macdonald mengubah gaya hidupnya setelah ia 'pernah' meninggal. Pria 41 tahun itu kini menjadi personal trainer di gym, atau pelatih pribadi di pusat kebugaran.

Tiga tahun lalu, Ryan sempat mengalami serangan jantung dan meninggal selama tiga menit. Ia pun langsung berpikiran untuk mengubah gaya hidupnya, seperti diberitakan Mirror.co.uk, Sabtu (11/5/2019).

Tak sekadar mengurangi makanan ringan dan banyak berjalan, Ryan tak tanggung-tanggung melakukan banyak perubahan hingga sekarang menjadi pelatih pribadi dengan tubuh yang sangat kekar.

"Bekerja dalam bidang IT dari rumah membuat saya harus duduk selama berjam-jam, tidak memperhatikan apa yang saya makan, menjadi perokok berat, dan tidak berolahraga," ujar Ryan.

"Dulu saya adalah bom waktu. Setiap hari saya pergi tanpa sarapan dan saat makan siang akan sangat lapar lalu melahap sandwich sosis dan empat atau lima kantong keripik."

Mengonsumsi banyak makanan manis dan kecanduan kopi dengan empat takaran gula membuat berat badan Ryan melonjak sampai 123 kilogram, dengan ukuran pinggang 107 sentimeter.

"Rasa sakit menjalar dari bahu ke bahu ketika saya sedang melukis, seolah-olah ada orang yang mendorong sebuah balok ke dada saya," terang Ryan, yang kemudian harus dirawat di rumah sakit.

"Selama satu menit saya mengobrol saat menuju rumah sakit, lalu tiba-tiba saya dikelilingi paramedis, dan ada bertanya apakah baju saya boleh dirobek. Mereka menjelaskan bahwa jantung saya berhenti di jalan dan saya tewas selama tiga menit," tambahnya.

Tim kemudian menggunakan stent untuk membuka arteri ke jantung Ryan, yang kala itu sudah menjadi perokok selama 25 tahun.

"Itu adalah titik balik. Saya mulai menilai kembali hidup saya. Saya beralih ke makanan sehat dan pergi ke gym. Awalnya saya hanya bisa berolahraga selama 15 menit tapi itu membuat ketagihan," kta Ryan.

Saat ini Ryan memiliki berat badan 80 kilogram, dengan ukuran pinggang 76-81 sentimeter. Ia juga telah telah membuat situs web dengan nama Body Made Online.

"Saya tidak pernah mendorong siapa pun untuk berolahraga berlebihan, 70 persen perubahan terjadi melalui diet, tapi saya merasa telah menemukan panggilan saya, dan saya tidak pernah lebih bahagia sebelumnya," kenang Ryan.

Terkait

Terkini