Kamis, 23 Mei 2019

Waspada! Konsumsi Kafein Berlebih Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Vika Widiastuti
Kopi. (pixabay)
Kopi. (pixabay)

Himedik.com - Studi baru mengungkapkan bahwa minum enam cangkir kopi atau lebih dalam sehari bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen. 

Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Semua ini ada hubungannya dengan penyakit kardiovaskular yang disebut-sebut sebagai penyebab kematian terbesar. Di mana satu orang meninggal setiap 12 menit karena penyakit ini.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, meski penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian terbesar, namun ini merupakan salah satu penyakit yang paling dapat dicegah.

Menyelidiki hubungan konsumsi kopi jangka panjang dan penyakit kardiovaskular, peneliti Dr Ang Zhou dan Elina Hypponen dari Pusat Kesehatan Presisi Australia, mengatakan bahwa penelitian mereka mengonfirmasi titik di mana kelebihan kafein dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sebagai pendahulu penyakit jantung.

"Kopi adalah stimulan yang paling sering dikonsumsi di dunia. Itu membuat kita segar dan terjaga, meningkatkan energi kita, dan membantu kita fokus. Tetapi orang selalu bertanya, 'Berapa jumlah kafein yang disebut terlalu banyak?'," Kata Hypponen.

Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)
Minum kopi. (Pixabay/cocoparisienne)

 

"Kebanyakan orang akan setuju bahwa jika Anda minum banyak kopi, Anda mungkin merasa gelisah, mudah tersinggung, atau bahkan mual. Itu karena kafein membantu tubuh Anda bekerja lebih cepat dan lebih keras, tetapi kemungkinan juga menyarankan bahwa Anda sudah mengonsumsi jumlah maksimal Anda untuk saat ini," tambah Hypponen.

Kita juga tahu bahwa risiko penyakit kardiovaskular meningkat dengan tekanan darah tinggi, faktor yang diketahui karena konsumsi kafein berlebih.

"Untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah yang sehat, orang harus membatasi kopi mereka menjadi kurang dari enam cangkir sehari, berdasarkan data kami, enam adalah titik kritis di mana kafein mulai berdampak negatif pada risiko kardiovaskular," tunjuk Hypponen seperti dikutip Suara.com dari The Health Site.

Menggunakan data UK Biobank dari 347.077 peserta yang berusia 37-73 tahun, penelitian ini mengeksplorasi kemampuan gen metabolising kafein (CYP1A2) untuk memproses kafein dengan lebih baik, mengidentifikasi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular sejalan dengan konsumsi kopi dan variasi genetik.

Hypponen mengatakan bahwa meskipun pembawa variasi gen pemroses cepat menjadi empat kali lebih cepat dalam memetabolisme kafein, penelitian ini tidak mendukung keyakinan bahwa orang-orang ini dapat dengan aman mengonsumsi lebih banyak kafein, lebih sering, tanpa efek kesehatan yang merugikan.

“Mengetahui batasan apa yang baik untukmu dan yang tidak penting adalah keharusan. Seperti banyak hal, semuanya tentang moderasi. Terlalu banyak minum dan kesehatan Anda akan membayarnya," kata Hypponen. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini