Kamis, 23 Mei 2019

Enam Tips Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran, Kamu Harus Tahu!

Kondisi kesehatan adalah hal yang penting, terutama jika kamu harus mengemudi sepanjang hari.

Vika Widiastuti
Ilustrasi mudik. (Shutterstock)
Ilustrasi mudik. (Shutterstock)

Himedik.com - Salah satu momen berkesan saat hari lebaran adalah berkumpul dengan keluarga dan orang terkasih. Untuk itu, tak heran banyak orang yang tak keberatan menempuh perjalanan jauh demi berkumpul dengan sanak saudara.

Arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019 diprediksi akan dimulai akhir Mei hingga awal Juni. Nah, saat mudik kondisi kesehatan adalah hal yang penting, terutama jika kamu harus mengemudi sepanjang hari.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mudik seperti dilansir HiMedik dari beberapa sumber.

1. Peregangan
Dilansir dari defensivedriving, menghabiskan banyak waktu duduk di mobil tak baik untuk tubuh. Duduk di posisi yang sama dalam waktu yang lama bisa memengaruhi kesehatan. Jadi, meluangkan waktu beberapa saat untuk melemaskan otot-otot dengan melakukan peregangan bisa mengurangi rasa sakit.

2. Jaga postur tubuh
Pastikan kamu duduk dalam posisi yang nyaman. Duduklah dengan postur yang baik jika tidak bisa jadi kamu akan mengalami masalah punggung dan leher.

3. Tetap terhidrasi
Penelitian menunjukkan bahwa pengemudi yang terhidrasi merupakan pengemudi yang lebih terampil. Jadi siapkan botol minum di dalam mobil. Namun, jika Anda sedang puasa, minumlah cukup air saat berbuka dan sahur.

<p><a href="https://pixabay.com/photos/man-car-passenger-male-vehicle-802120/">Ilustrasi berkendara (Pixabay/Free-Photos)</a></p>

Ilustrasi berkendara (Pixabay/Free-Photos)

 

4. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Melansir alamo.com, mendukung sistem kekebalan tubuh adalah cara yang ampuh untuk mencegah penyakit selama perjalanan. Kunci dari sistem kekebalan tubuh adalah diet yang sehat.

Jadi, tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan makanan makanan sehat saat berbuka dan sahur, seperti buah-buahan dan sayuran, terutama sayuran berdaun gelap.

5. Istirahat yang cukup
Tidur sangat penting untuk kesehatan. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur atau tidur yang cukup lebih cenderung jatuh sakit setelah terkena virus, seperti virus flu biasa.

Kurang tidur juga dapat memengaruhi seberapa cepat kamu pulih jika sakit. Jadi, tidur yang cukup sangat penting sebelum dan selama perjalanan Anda. Pertimbangkan untuk membawa bantal perjalanan dan penyumbat telinga atau headphone peredam bising untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di kendaraan umum.

Namun, saat kamu mengemudi sendiri jangan lupa untuk istirahat sejenak agar tak kelelahan. Sebab kurang fokus atau mengantuk bisa berakibat fatal. Untuk itu, istirahatlah sejenak di rest area atau tidur sebentar mengistirahatkan tubuh.

Ilustrasi di perjalanan. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi di perjalanan. (Pixabay/StockSnap)

 

6. Cuci tangan secara teratur
Jika Anda bepergian dengan pesawat, kereta api atau bus, penting untuk membersihkan area tempat duduk, terutama jika kamu bepergian dengan anak-anak.

Orang dewasa mungkin menahan diri untuk tidak menyentuh semua permukaan di suatu tempat, tetapi hal yang sama tidak dapat dilakukan anak-anak. Sanitasi tempat duduk, sandaran lengan, sandaran meja, dan sandaran kepala, tidak pasti seberapa sering area ini dibersihkan.

Terkait

Terkini