Info

Seharusnya Berapa Lama Waktu yang Dihabiskan untuk Menyikat Gigi?

Ternyata waktu dalam menyikat gigi itu penting lho!

Vika Widiastuti

Sikat gigi. (Pixabay/jennyfriedrichs)
Sikat gigi. (Pixabay/jennyfriedrichs)

Himedik.com - Sejak kecil, kita diajarkan teknik dan cara menyikat gigi yang benar. Namun, tahukah Anda berapa waktu sebenarnya yang dibutuhkan untuk menyikat gigi?

Dilansir dari Times of India, penting menyikat gigi setidaknya selama dua menit dalam dua kali sehari.

Jika itu terdengar terlalu lama, Anda bisa mengatur timer atau memutar lagu favorit sambil menyikat gigi untuk memperhatikan waktunya. Pastikan juga, Anda membersihkan sudut gigi dan melakukan tekanan yang tepat.

Hal ini karena tekanan berlebihan justru bisa menyebabkan erosi pada lapisan gigi paling atas dan pendarahan pada gusi.

Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)

Ilmu pengetahuan percaya bahwa menyikat gigi selama dua menit adalah hal yang penting. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dental Hygiene mengungkapkan, semakin lama Anda menyikat gigi, semakin banyak plak yang terlepas. Namun, penting memperhatikan jangka waktunya.

Studi ini mencatat efek waktu menyikat gigi pada plak dari 30 detik hingga 3 menit. Mereka menemukan bahwa orang yang menyikat gigi selama 45 detik menghilangkan plak 25 persen lebih sedikit daripada yang menyikat selama dua menit.

Selain waktu menyikat gigi, penting juga menggunakan obat kumur dan flossing gigi. Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang membantu membersihkan plak yang tersangkut di sela-sela gigi Anda dan mencegah bakteri pembusuk gigi.

Sementara obat kumur membantu menghilangkan plak yang tersisa di mulut setelah menyikat gigi dan flossing. Gunakan obat kumur yang bebas alkohol sehingga tidak membuat mulut kering.

Berita Terkait

Berita Terkini