Jum'at, 15 November 2019

Manfaat Senam Kegel, Ternyata Bisa Bantu Pria Atasi Disfungsi Ereksi!

Selain melakukan latihan fisik ini, lelaki juga diimbau untuk melakukan perawatan tradisional.

Vika Widiastuti
ilustrasi Mr P - (Pixabay/derneuemann)
ilustrasi Mr P - (Pixabay/derneuemann)

Himedik.com - Senam kegel untuk melatih dasar panggul ternyata juga bermanfaat untuk pria. Bahkan sebuah studi terkini menunjukkan, senam kegel bisa membantu mengatasi disfungsi ereksi pada pria. 

Senam kegel memang biasanya direkomendasikan bagi kaum hawa untuk menurunkan risiko gangguan berkemih terutama setelah melalui proses persalinan. Tetapi kini para ahli mengatakan bahwa memperkuat otot-otot di sekitar kandung kemih dan penis juga dapat meningkatkan kinerja lelaki di ranjang.

Salah satu cara untuk melakukan latihan dasar panggul ini adalah dengan menghentikan buang air kecil di tengah aliran. Cara lain adalah dengan mencoba menarik buah zakar ke atas.

Senam Kegel [shutterstock]
Senam Kegel [shutterstock]

Temuan ini didapat setelah fisioterapis dari James Cook University di Australia menganalisis data dari 650 lelaki yang melakukan latihan dasar panggul.

Peneliti menemukan 47 persen lelaki dengan masalah impotensi berhasil sembuh dengan melakukan latihan ini. Sementara 83 persen lelaki mengaku hal itu membantu mereka mengatasi ejakulasi dini.

Peneliti utama, Chris Myers, mengatakan bahwa otot-otot dasar panggul yang lemah dapat secara langsung memengaruhi kekuatan ereksi dan proses ejakulasi. Itu sebabnya latihan ini bisa jadi metode efektif dalam mencegah gangguan ereksi.

"Latihan dasar panggul untuk mencegah gangguan ereksi adalah pilihan non-invasif dan lebih murah daripada metode tradisional," katanya.

Selain melakukan latihan fisik ini, lelaki kata Myers juga diimbau untuk melakukan perawatan tradisional seperti mengubah gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan, seperti Viagra.

Lalu bagaimana cara melakukan senam kegel untuk mengatasi gangguan ereksi? Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir Suara.com dari laman Nypost.

Pertama, Anda bisa melakukannya dalam posisi duduk, berdiri atau berbaring di suatu tempat yang nyaman dengan paha, pantat, dan perut yang rileks. Kemudian kencangkan otot panggul bawah Anda selama kira-kira 10 detik. Selama mengencangkan otot ini, jangan menahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat. Lemaskan kembali otot panggul bawah selama 10 detik.

Kemudian kencangkan otot-otot yang biasa digunakan untuk berhenti buang air kecil di tengah aliran, kemudian lepaskan mereka. Anda dapat memeriksa apakah Anda melakukan ini dengan benar dengan menyentuh tepat di belakang skrotum. Anda harus merasakan area ini terangkat. Kencangkan otot-otot ini, tahan selama 10 detik, lalu lepaskan selama 10 detik. Ulangi latihan otot ini hingga 10 kali.

Selamat mencoba! (Suara.com/Firsta Nodia)

Terkait

Terkini