Info

Mudik Lebaran Bawa Balita, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Moms!

Mudik bersama buah hati, ini yang harus diperhatikan.

Vika Widiastuti

Ilustrasi mudik. (Shutterstock)
Ilustrasi mudik. (Shutterstock)

Himedik.com - Tak lama lagi, orang akan melakukan mudik Lebaran untuk bertemu sanak saudara. Nah bagi Anda yang ingin mengajak buah hati, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Mudik bersama bayi dan balita memang harus dirancang dengan matang dari jauh-jauh hari sebelumnya. Selain harus memilih moda transportasi yang paling nyaman, mood kedua orang tua juga bisa sangat menentukan suasana hati si kecil lho.

Karena itu juga, agar si kecil tak mudah rewel, orang tua harus tetap tenang dan tidak cepat panik ketika terjadi sesuatu di luar perkiraan.

"Mudik bersama bayi dan balita bisa menjadi saat yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Saat memutuskan mudik bersama bayi dan balita, pertimbangkan terlebih dahulu jenis transportasi apa yang hendak dipilih. Idealnya, memilih jenis transportasi dengan waktu tempuh yang paling minimal sehingga membuat si kecil lebih nyaman. Pertimbangkan juga apakah moda transportasi yang Anda pilih dapat mengakomodasi peralatan penunjang untuk si kecil seperti stroller," kata dokter spesialis anak RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Cut Nurul Hafifah, Sp. A.

Ia melanjutkan, bila bepergian dalam jangka waktu yang cukup lama dan membawa bayi berusia 6 sampai 12 bulan, ibu perlu mempertimbangkan untuk membawa makanan pendamping ASI (MPASI) yang mudah diolah selama perjalanan.

"Perhatikan pula kebersihan makanan dan lokasi bersantap karena kekebalan tubuh si kecil belum sempurna sehingga lebih mudah terkena infeksi," katanya lagi.

Hal terakhir dan tidak kalah penting, orangtua harus tetap membangun suasana yang menyenangkan selama perjalanan.

"Supaya suasana hati si kecil pun tetap terjaga," tutupnya.

Mudik dengan membawa bayi dan balita, ini yang perlu disiapkan. (Dok. RSPI)
Mudik dengan membawa bayi dan balita, ini yang perlu disiapkan. (Dok. RSPI)

(Suara.com/Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini