Info

5 Manfaat Minum Es Cincau, Sembuhkan Kanker Hingga Kontrol Gula Darah

Es cincau yang selalu ramai dicari saat bulan puasa ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa bagi tubuh.

Agung Pratnyawan | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat minum es cincau sata buka puasa (Instagram/@1001menumasak)
Manfaat minum es cincau sata buka puasa (Instagram/@1001menumasak)

Himedik.com - Es cincau salah satu minuman yang banyak dicari saat bulan puasa. Selain menyegarkan, es cincau juga memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Di Indonesia, biasanya cincau dikonsumsi menggunakan dengan campuran santan, gula jawa cair maupun sirup. Karena, cincau sendiri memiliki cita rasa sedikit pahit.

Melansir dari drhealthbenefits.com, berikut ini manfaat luar biasa yang bisa kita peroleh dari cincau. Mulai dari mengatasi diabetes hingga mencegah pertumbuhan kanker maupun tumor.

1. Mengatasi kanker dan tumor

Daun cincau memiliki senyawa isokandrodendrin dan SS tetandrin yang berfungsi membunuh sel tumor yang bisa menjadi sel kanker.

Kedua senyawa itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita setelah kita mengonsumsinya dalam bentuk agar-agar.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi es cincau. (Sumber: Shutterstock)

Senyawa isokandrodendrin adalah sumber untuk membunuh sel tumor pada organ tertentu seperti ginjal, lambung, dan hati. Begitu pula dengan ekstrak daun cincau juga cukup efektif membunuh sel kanker darah hingga 55 -90%.

Selain itu, daun cincau juga dipercaya mampu memberantas 3 jenis kanker lain, yakni kanker serviks, kanker payudara dan kanker paru-paru. Kita juga bisa mengonsumsinya secara rutin 3 kali sehari untuk mengobati tumor.

2. Mengatasi diabetes

Daun cincau mengandung senyawa klorofil dan bisbenzilsokuinolin, kedua senyawa tersebut telah dipercaya mampu mengobati diabetes.

Karena keduanya bisa membantu mengatur kadar gula darah tinggi yang dialami penderita diabetes. Artinya, daun cincau dapat mengatur kadar gula darah tinggi dan meningkatkan kinerja insulin.

3. Obat antimalaria

Selain daun cincau, penelitian juga telah membuktikan rebusan akar cincau berguna sebagai obat malaria. Peneliti menemukan adaberbagai senyawa golongan alkoit yang berfungsi sebagai antimalaria pada akar cincau.

Karena itu, seseorang yang terkena malaria atau ingin mencegahnya disarankan konsumsi cincau sebagai obat alami tanpa efek samping.

4. Mencegah osteoporosis

Minuman cincau sangat baik untuk tulang karena mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang tinggi. Senyawa-senyawa itu dapat digunakan untuk meregenerasi tulang keropos dan mencegah osteoporosis.

5. Antibiotik

Kandungan klorofil dalam cincau juga bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik alami. Karena itu, cincau hijau digunakan sebagai antibiotik yang nantinya membunuh berbagai jenis bakteri, virus, bahan makanan dan obat-obatan.

Berita Terkait

Berita Terkini