Info

Stres karena Banyak yang Harus Disiapkan Saat Lebaran, Ini Efeknya ke Kulit

Stres tersebut bisa berefek buruk pada kulit wajah Anda salah satunya memicu timbulnya jerawat.

Vika Widiastuti

Ilustrasi jerawat - (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi jerawat - (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Himedik.com - Tak lama lagi umat muslim akan menyambut hari lebaran. Namun, terkadang karena banyaknya persiapan, orang justru mengalami stres. yaitu, mulai dari macet di jalan, beli baju lebaran berdesak-desakan, hingga menyiapkan masakan saat lebaran.

 Dr. Conny Melly Rosdiana, SpKK, dari Bamed Skin Care, menyampaikan stres beberapa hari sebelum lebaran bisa berefek buruk pada kulit wajah Anda salah satunya memicu timbulnya jerawat.

"Stres dampaknya bisa merangsang hormon pembentukan jerawat. Lalu kulit menjadi lebih mudah meradang," ujar dr Conny dalam temu media beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, kurang tidur selama mempersiapkan lebaran juga dapat membuat kantong mata berwarna kehitaman dan timbul kerutan di beberapa bagian wajah. Jadi pastikan Anda mendapat tidur yang cukup ya.

"Karena saat tidur kulit mereparasi dirinya. Yang dirangsang adalah produksi kolagen sehingga kalau kurang tidur bawah mata ada dark circle dan kerutan," imbuhnya.

Begitu pula dengan diet yang kurang sehat jelang lebaran, seperti mengonsumsi makanan atau minuman manis menurut dr Conny juga bisa berakibat buruk bagi kulit. Pastikan Anda hanya mengonsumsi makanan yang sehat agar kulit menjadi sehat dan bercahaya selama lebaran ya!

Ilustrasi stres. (shutterstock)
Ilustrasi stres. (shutterstock)

"Diet yang kurang sehat, asupan nutrisi kurang terus makan makanan manis, hal ini dapat menimbulkan jerawat. Kurang cairan juga memicu kulit dehidrasi. Padahal yang diharapkan lebih glowing, make up nempel, lebih tirus. Jadi harus atur makanan dan istirahat cukup jelang lebaran," tandasnya.

Sudah banyak persiapan malah stres bikin penampilan khususnya wajah tidak segar dan kulit tidak sehat. Jadi bukan hanya fikiran dan dalam tubuh, tapi juga kesehatan kulit juga perlu diperhatikan saat kamu banyak stres. Jadi hindari stres jelang Lebaran, baik untuk kesehatan dalam dan luar tubuh biar momen Lebaran lancar penuh hikmat. (Suara.com/Firsta Nodia) 

Berita Terkait

Berita Terkini