Info

5 Jenis Kanker Ini Paling Kecil Peluang Hidupnya, Ada yang Hanya 1 Persen

Sebenarnya seorang penderita kanker mampu bertahan hidup karena beberapa faktor.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Himedik.com - Kanker merupakan penyakit ganas yang bisa merenggut nyawa penderitanya. Namun, tak sedikit pula pasien kanker yang berhasil sembuh.

Sebenarnya seorang penderita kanker mampu bertahan hidup karena beberapa faktor, salah satunya tingkat stadium kanker yang dideritanya.

Tetapi, melansir dari wikipedia ada 5 jenis kanker dari belasan kategori yang ada hanya memiliki kemungkinan kecil dapat bertahan hidup. Bahkan salah satu diantara 5 jenis kanker tersebut dipercaya tidak memiliki harapan hidup panjang.

1. Kanker glioma intrinsik pontine difus (DIPG)

Melansir dari childrenhospital.org, kanker jenis ini termasuk paling agresif dan sulit untuk diobati karena berada di batang otak. Kita bisa menyebutnya sebagai kanker batang otak.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tumor ganas di batang otak yang mengendalikan semua fungsi vital tubuh seperti pernapasan, tekanan darah dan detak jantung. Karena itu orang yang menderita kanker ini sama sekali tidak memiliki harapan hidup lebih lama secara medis, kecuali ada keajaiban.

Ilustrasi kanker (Shutterstock)
Ilustrasi kanker (Shutterstock)

2. Kanker jantung

Kanker jantung dilansir dari mayoclinic.com, termasuk kanker yang berawal dari tumor ganas di jantung yakni sarkoma. Ini sejenis kanker yang berasal dari jaringan lunak tubuh.

Kanker langka ini menghasilkan hormon yang dapat merusak katup jantung. Selain itu, harapan hidup penderita kanker jantung ini diketahui hanya 1 persen.

3. Kanker gliobastoma

Melansir dari abta.org, gliobastoma juga termasuk tumor ganas penyebab kanker yang berkembang dan membelah di waktu tertentu. Tumor ini menyerang daerah dalam otak dan mudah menyebar ke area lainnya.

Tumor ini memang cenderung lebih lambat pertumbuhannya tetapi bersifat sangat agresif. Sehingga penderita gliobastoma hanya memiliki harapan hidup lama sebesar 4 persen.

4. Kanker pankreas

Kanker pankreas terjadi di jaringan pankreas, yakni organ perut yang terletak di belakang bagian bawah perut. Melansir dari mayoclinic.com, pankreas adalah organ tubuh yang melepaskan enzim untuk membantu pencernaan dan mengontrol gula darah.

Kanker jenis ini biasanya menyebar cepat ke organ terdekat di sekitarnya dan sulit terdeteksi sejak dini. Sehingga penderita kanker pankreas biasanya hanya memiliki harapan hidup sebesar 8,2 persen.

5. Kanker mesothelioma

Mesothelioma adalah sejenis kanker ganas yang tumbuh dan menghancurkan jaringan di sekitarnya. Lalu kanker ini juga bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Perlu diketahui mesothelium adalah membran yang menutupi dan melindungi sebagian besar organ internal. Terdiri dari 2 lapisan yang membungkus organ berbeda, termasuk paru-paru, jantung dan perut.

Penderita kanker mesothelioma ini diketahui hanya memiliki harapan hidup sebesar 9 persen. 

Berita Terkait

Berita Terkini