Info

Bisa Dibuat di Rumah, Ini 5 Minuman yang Baik untuk Pasien Diabetes!

Penderita diebetes bisa mengonsumsi beberapa jus berikut untuk mengendalikan kondisi dan gejalanya.

Vika Widiastuti

Ilustrasi jus buah. (pixabay/silviarita)
Ilustrasi jus buah. (pixabay/silviarita)

Himedik.com - Gaya hidup menjadi faktor penting bagi penderita diabetes. Untuk itu, mereka disarankan untuk menjalani diet ketat.

Mereka yang menderita diabetes disarankan untuk menghindari makanan-makanan tertentu agar gejalanya terkendali.

Dilansir dari boldsky, penderita diebetes bisa mengonsumsi beberapa jus berikut untuk mengendalikan kondisi dan gejalanya.

1. Green juice

Jus ini dipercaya baik untuk pasien diabetes tipe 2. Wortel, yang merupakan salah satu bahan dari jus ini mampu mengatur darah untuk membantu menurunkan kadar gula yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi jus ini sekali atau dua kali dalam sehari.

Bahan jus di antaranya adalah 2 batang seledri, 2 wortel, 1 apel hijau, 3 batang bayam. Caranya adalah cuci bersih semua bahan hingga bersih.

Kupas juga wortel dan apel. Lalu blender semua bahan. Jangan lupa pula tambahkan air.

Ilustrasi wortel. (Shutterstock)
Ilustrasi wortel. (Shutterstock)

2. Teh daun mangga

Daun mangga dipercaya memiliki banyak khasiat dan sangat bermanfaat untuk pasien diabetes, menurut dokter ayurveda.

Daun ini juga mengandung mineral dan antioksidan tertentu yang bisa meningkatkan kapasitas sel untuk menyerap insulin dan mengatur produksi insulin sehingga bisa menjadi obat untuk diabetes.

Selain itu, minuman ini juga bisa berfungsi sebagai detoksifikasi alami yang juga dapat terbukti sebagai obat untuk berbagai penyakit lainnya.

Daun mangga dipercaya sangat efektif untuk mengendalikan gejala diabetes jika dikonsumsi secara teratur dan diiringi dengan olahraga. Minuman ini bisa dikonsumsi setiap pagi sebelum sarapan.

Cara membuatnya terbilang mudah, yaitu rebus daun mangga bersih selama sekitar 15 menit alam air. Lalu biarkan daun dan air tetap berada di dalam panci semalaman. Di pagi hari, panaskan air lagi, buang daunnya. Kemudian tambahkan air dan minum sesuai yang disarankan.

3. Jus daun bawang

Daun bawang rendah natrium dan tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol sehingga sangat bermanfaat untuk pasien diabetes. Selain itu, daun bawang juga menjadi serat makanan yang baik. Bersama dengan berbagai nutrisi lain, jus ini akan membantu mengendalikan gejala diabetes.

Ilustrasi daun bawang. (Pixabay/Couleur)
Ilustrasi daun bawang. (Pixabay/Couleur)

4. Jus labu pahit

Jus ini menjadi salah satu obat untuk pasien diabetes. Labu pahit juga membantu mengurangi kadar gula darah tinggi, mengatur kadar gula darah, mengaktifkan insulin hingga mencegah konversi menjadi lemak.

Bahan yang disiapkan adalah 1 buah labu pahit, 1 gelas air, garam, dan setengah gelas jus lemon. Caranya, pertama kupas labu pahit dan iris bagian tengah. Kemudian ambil daging putih dan biji sayuran.

Lalu, potong sayuran menjadi potongan-potongan kecil dan rendam dengan air dingin sekitar 30 menit. Tambahkan potongan labu pahit ke dalam juicer dan tambahkan setengah sendok teh garam dan jus lemon. Blender dengan baik, Anda bisa meminumnya satu atau dua kali sehari.

5. Jus tomat

Jus tomat dipercaya dapat membantu mengelola diabetes karena bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Hal ini karena kandungan likopen dan antioksidan kuat yang dimilikinya.

Minumlah jus tomat sekali dalam sehari. Bahan yang disiapkan adalah 2 tomat, 1 sendok teh garam, seperempat gelas air. Cara membuatnya adalah masukkan semua bahan ke dalam panci stainless steel dan masaklah terbuka.

Biarkan mendidih selama 25 menit, matikan api dan biarkan dingin. Tiriskan tomat menggunakan saringan dan minum.

Itu tadi beberapa jus yang baik untuk penderita diabetes. Namun, setiap kondisi pasien bisa berbeda-beda. Jangan lupa konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi jus tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini