Info

Turunkan Darah Tinggi hingga Kolesterol, Minum Ramuan Kayu Manis dan Madu!

Minum ramuan kayu manis dan madu bisa bantu turunkan kolesterol, gula darah hingga risiko penyakit lainnya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat ramuan kayu manis dan madu untuk menurunkan berat badan (Pexels/Ngô Trọng An)
Manfaat ramuan kayu manis dan madu untuk menurunkan berat badan (Pexels/Ngô Trọng An)

Himedik.com - Kayu manis dan madu termasuk dua bahan yang sering tersedia di rumah sekaligus kaya manfaat. Minum ramuan kayu manis dan madu dipercaya mampu menurunkan berat badan dalam semalam.

Perlu diketahui kayu manis memiliki sifat yang mampu membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2 sekaligus menekan nafsu makan.

Melansir dari foodprevent.com, perubahan gula darah yang cepat dapat memicu seseorang mudah merasa lapar. Karena itu mengontrol gula darah agar tetap stabil sangat penting agar kita tidak memiliki napsu makan berlebih.

Dalam hal ini, kayu manis yang memiliki kandungan antioksidan dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, menurunkan tekanan darah, kolesterol hingga gula darah.

Begitu pula dengan madu sebagai pemanis alami dengan kalori relatif tinggi. Tetapi, madu sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena efeknya pada rasa lapar.

Ilustrasi ramuan madu (pixabay/stevepb)
Ilustrasi ramuan madu (pixabay/stevepb)

Sebuah studi telah membandingkan efek madu dan gula buatan pada wanita sehat. Hasilnya menunjukkan bahwa madu tidak memengaruhi peningkatan gula darah dibandingkan gula buatan.

Artinya, madu dan kayu manis sama-sama bahan rumahan yang memiliki peranan untuk mengontrol napsu makan yang mana akan berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Karena itu, minum ramuan madu campur kayu manis dipercaya efektif menurunkan berat badan dalam semalam. Apalagi jika kita meminumnya secara rutin setiap hari demi menjaga berat tubuh ideal.

Cara membuat ramuan ajaib ini pun sangat mudah. Kita hanya perlu menyiapkan 1 gelas air, 1 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok makan madu.

Setelah semua bahan siap, rebus air dalam panci selama 2-3 menit. Lalu, tambahkan kayu manis ke dalam air dan aduk sampai mendidih.

Kemudian angkat air rebusan kayu manis yang sudah mendidih dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin baru tambahkan madu dan ramuan siap diminum setiap hari sebelum tidur dan esok harinya saat bangun pagi.

Kita bisa melihat hasilnya yang siginifikan setelah beberapa hari meminum ramuan kayu manis dan madu ini secara rutin pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Berita Terkait

Berita Terkini